Pj Bupati Inhil Resmi Buka Pelatihan Tanjak Se - Kab. Inhil

Tembilahan, 9 Agustus 2024 – Pelatihan Tanjak se-Kabupaten Indragiri Hilir resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Inhil yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Inhil, Tantawi Jauhari. Acara ini digelar di salah satu aula hotel di Tembilahan.

Pelatihan ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Inhil. Turut hadir dalam acara ini unsur Forkopimda, kepala OPD terkait, Ketua LAMR Kabupaten Inhil, Ketua Dekranasda Inhil, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Tantawi Jauhari, Penjabat Bupati Inhil menyampaikan, Pelatihan tanjak merupakan upaya penting dalam memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan khususnya perlengkapan pakaian melayu, yaitu tanjak.

"Pelatihan ini diadakan untuk melestarikan tradisi Tanjak melalui pengajaran teknik pembuatan dan pemahaman makna simbolis yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang budaya," ucap tantawi membacakan sambutan tertulis Pj Bupati.

Ia juga berharap dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang tanjak dan dapat menerapkannya.