Bupati Inhil HM WARDAN Katakan LAMR Wadah Keberagaman Suku Budaya di Riau

RETEH INHIL,- Bupati Inhil HM WARDAN Sebagai Datok Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Menghadiri Pelantikan dan Penabalan Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Reteh Masa Khidmat 2022-2027 yang dilaksanakan di gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Reteh, Sabtu (10/9).

Pengurus LAMR kecamatan Reteh terpilih dilantik secara langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Inhil Datok Seri H.Said Syarifuddin dan Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Inhil Datok H.Feriyandi.

Prosesi pelantikan dan Penabalan ditandai dengan pemasangan tanjak dan Selempang oleh Ketua Umum DPH LAMR Inhil Datok H.Said Syarifuddin bersama Ketua MKA LAMR Inhil Datok H.Feriyandi serta pemasangan keris oleh Bupati Inhil HM WARDAN selaku Datok Seri Setia Amanah Masyarakat Adat.

Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya menyampaikan, Pelantikan Pengurus LAMR Kecamatan ini merupakan suatu amanah yang harus dijalankan dalam mempertahankan dan melestarikan adat istiadat Melayu Riau.

"Jadi kata kuncinya adalah mempertahankan dan melestarikan adat istiadat nilai-nilai budaya melayu dan kesejahteraan, kemaslahatan masyarakat melayu riau, serta dapat memayungi ragam suku bangsa yang bermukim di bumi melayu Riau, terkhusus Dikabupaten Indragiri hilir," ungkap Bupati HM WARDAN 

Sebagai Mitra Pemerintah, Datuk Seri Setia Amanah masyarakat HM WARDAN berharap, kepada pengurus LAMR kecamatan yang baru dilantik dapat membesarkan Lembaga serta mendukung program unggulan pemerintah.

"Pelantikan Pengurus LAMR kecamatan Reteh merupakan pelantikan pengurus ke-15 se-kabupaten Inhil, Lembaga Adat Melayu Riau merupakan lembaga Mitra Pemerintah dalam memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan daerah dan merupakan lembaga yang Sah dan diatur didalam Perda Provinsi Riau," ungkap Ketua Umum DPH LAMR Inhil H.Said Syarifuddin.

"Terbentuknya Lembaga adat Melayu Riau merupakan suatu usaha dalam menyatukan dan membangkitkan kembali budaya Melayu di provinsi Riau, meskipun masyarakat nya heterogen dengan berbagai suku bangsa, namun dapat menyatu didalam wadah lembaga adat Melayu Riau (LAMR)," Ungkap Ketua MKA LAMR Inhil H.Feriyandi.