Tingkatkan Perekonomian Nasional, Dandim 0314 Inhil Teken MOU dengan Dinas PT PHP Inhil

TEMBILAHAN INHIL,- Guna membantu meningkatkan perekonomian Nasional Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten lnhil, melakukan penandatanganan MOU kegiatan Operasi Lahan (OPLA) bersama Kodim 0314/lnhil di aula Kantor Dinas Pangan,Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten lnhil jalan Diponegoro Tembilahan Inhil, Rabu,(27/07/2022).

Kegiatan Oprasi Lahan (OPLA) ini akan dilaksanakan di 2 Desa, yaitu Desa Pasir Mas dan Desa Kuala Sebatu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Inhil, H. Fajar Husin, S.H.,M.H mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tugas perbantuan kementrian pertanian dalam hal ini optimasi lahan yang dilaksanakan di kecamatan Batang Tuaka tepatnya di desa Pasir Emas dan Desa Kuala Sebatu.

"Kegiatan ini juga pada intinya adalah salah satu dampak dari bencana Covid-19 yang mana kegiatan ini adalah mengikut sertakan masyarakat untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan secara swakelola dalam hal ini kita bekerja sama dengan TNl," paparnya.

Memang sebelumnya juga kita telah bekerja sama dengan TNl yang mana dulu namanya kegiatan pajale (padi, jagung, kedelai).

"Saya selaku kepala dinas tentunya berharap kepada seluruh Camat dan kepala Desa serta seluruh kelompok tani terkait, agar bersama Sama mendukung kegiatan ini agar supaya hasilnya bisa maksimal," jelas Fajar.

Ia mengajak bersama-sama untuk melaksanakan kegiatan ini untuk hasil yang maksimal agar dapat dipastikan manfaatnya yang maksimal juga bagi masyarakat kita.

Sementara itu Dandim 0314/lnhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr(Han) mengatakan bahwa kegiatan ketahanan pangan ini merupakan tanggung jawab bersama.

"Kami Kodim 0314/Inhil akan membantu secara maksimal terkait dengan ketahanan pangan di wilayah Kab.Inhil. Kita memaksimalkan/optimalisasi dengan program Opla demi kemandirian pangan kita," terangnya.

Ia berharap dengan Program ini mampu meningkatkan dan mensejahterakan petani dan masyarakat di seluruh wilayah  Kabupaten Inhil.

"Bahwa Penandatanganan MOU kontrak swakelola kegiatan perbaikan infrastruktur optimalisasi lahan rawa di Kabupaten Inhil ini seluas 730 Ha. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan hasil dari operasi lahan yang berfungsi untuk membantu daya tahan pangan diwilayah Inhil," harapnya.

Setelah ada MOU ini diharapkan meningkatkan kembali program OPLA yang sudah ada untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0314/lnhil,Kadis Pangan,Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kabid Ketersediaan dan distribusi Pangan, Pasi Ter Kodim 0314/lnhil, Danramil 12 Batang Tuaka, Anggota Staf/Dinas Pangan,Tanaman Pangan,Holtikultura dan Peternakan  dan Gapoktan dari Desa Kuala Sebatu dan Desa Pasir Mas.