Sinergitas BNNP Riau dan Pemda Inhil dalam Penerapan P4GN

 Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H.M Wardan sambut kunjungan kerja Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, Brigadir Jenderal (Brigjen) Kenedy. Pada Kamis (15/10/2020) di aula kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kedatangan Kepala BNNP Riau dalam rangka membangun sinergitas pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN) di wilayah Kabupaten Inhil. Brigjen Kenedy turut didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Kepala Bagian Umum  BNNP Riau.

“Terdapat 55.000 pengguna aktif Narkoba di Riau. Bahayanya, para penyalahguna Narkoba ini akan melakukan tindak pidana yang merugikan. Jadi bagi Saya Narkoba adalah kejahatan luar biasa yang bisa menghancurkan negara”, jelas Brigjen Kenedy saat menyampaikan materi tentang peredaran Narkotika di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari Gubernur Riau saat hadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional, Provinsi Riau berada pada posisi sepuluh besar angka penyalahgunaan dan peredaran Narkoba.

“Tentu hal ini menjadi PR kita bersama, pintu masuk peredaran Narkoba itu dari daerah pesisir, seperti Dumai, Bengkalis, Meranti dan Inhil. Posisi inilah yang dimanfaatkan para Bandar Besar untuk memasukkan Narkoba”, jelas Bupati Inhil.

Mendengar paparan dari Bupati, Kepala BNNP Riau berikan salahsatu solusi terkait upaya pencegahan Narkotika di Inhil.

“Bapak Bupati bisa melakukan tes urine di setiap OPD, untuk melakukan deteksi dini. Jika dijumpai pengguna Narkoba ini tidak akan langsung ditangkap, tentunya dilakukan rehabilitasi. Ini salahsatu cara yang bisa dilakukan Pemda untuk mengurangi ancaman Narkoba di Inhil”, ujar Brigjen Kenedy.

Turut hadir dalam acara ini, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Inhil, pimpinan Organiasi Perangkat Daerah, Camat se Inhil, Organisasi pemuda BNN Inhil dan Karang Taruna.

Acara ditutup dengan sesi diskusi antara pihak kabupaten Inhil dan BNNP Riau, terkait upaya pencegahan meluasnya peredaran Narkotika di Bumi Sri Gemilang.

 

………

Tembilahan, 15 Oktober 2020

Diskominfopers Inhil.

  • Ditayangkan oleh: Nirma
  • Kamis, 15 Oktober 2020 19:35 WIB
  • BNNP Riau, H.M Wardan, Diskominfopers Inhil