Selain Design Packing, Disdagtri Juga Bantu Pengurusan Izin Edar Produk IKM

TEMBILAHAN - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) siap membantu dalam pengurusan izin edar hingga design produk Industri Kecil Menengah (IKM).

Pernyataan itu disampaikan Kepala Disdagtri Inhil, Dhoan Dwi Anggra melalui Kepala Bidang Perindustrian, H Arispuddin, Rabu (16/6/2021) kemarin.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu mengembangkan IKM. Dengan begitu, maka perekonomian masyarakat akan lebih terbantu.

"Usaha rumahan itu yang kita berusaha bantu, mulai dari desaign packing, izin edar dan lainnya. Sehingga mereka bisa bersaing jadi kita berikan bimbingan," katanya.

Untuk pengemasan produk, lanjutnya, IKM di Kabupaten Inhil dinilai masih tertinggal dengan IKM di kota lainnya yang kemasan produknya jauh lebih bagus.

"Padahal produk-produk IKM kita bagus-bagus, hanya dari segi pengemasan dan izin-izinnya saja yang masih kurang. Itulah yang kita bantu," lanjutnya.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya telah turun kelapangan untuk jemput bola melihat langsunh produk-produk rumahan yang dikelola oleh masyarakat Inhil. Dalam beberapa bulan rerakhir, pihaknya juga jemput bola ke lapangan apa persoalan mereka jadi perlu diedukasikan.

Kemudian, pihaknya juga telah mendapatkan beberapa IKM unggulan yang kedepannya akan dibantu untuk pengurusan izin edar hingga kode halal produk.

"Dalam beberapa minggu kedepan, kami akan undang BPOM, Dinas Kesehatan, Kemenag, pokoknya leading sektor yang nantinya akan membantu menjembatani apa yang dibutuhkan IKM. Kita juga sudah ada kerjasama dengan UNRI untuk membantu hal ini," tutupnya. (MW)