Sekda Inhil Pimpin Rapat Progres DAK Fisik/Non Fisik dan Keuangan APBD 2022

Tembilahan Inhil,- Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir H. Afrizal didampingi Asisten 1 dan 2 Setda Kab. Inhil memimpin laporan fisik dan keuangan APBD, bantuan keuangan Provinsi, DAK Fisik dan Non Fisik serta tugas pembantuan untuk tahun 2022 dan realisasi progres percepatan penyelenggaraan E-Katalog dan Pemanfaatan Toko Daring dengan di ikuti seluruh Kepala OPD serta Camat di lingkungan Pemkab. Inhil. Rabu(10/08).

Rapat yang dilaksanakan di lantai 5 aula Kantor Bupati Jl. Akasia no. 01 Tembilahan ini bertujuan untuk melihat progres dan realisasi sampai dengan bulan Juli sekaligus melakukan evaluasi dari pelaksanaan kegiatan fisik dan keuangan Pemerintah Daerah yang bersumber dari APBD, bantuan keuangan Provinsi, DAK Fisik dan Non Fisik serta tugas pembantuan untuk tahun 2022 juga penyelenggaraan e-katalog lokal dan pemanfaatan toko daring.

Sebagai informasi, sampai dengan triwulan III di bulan Juli tahun 2022, progres fisik Pemerintah Daerah sendiri sudah mencapai 49,21% dan untuk keuangan sudah mencapai 36,90%.

Penyelenggaraan e-katalog lokal dan pemanfaatan toko daring sendiri bertujuan  untuk mendorong organisasi Pemerintah baik di pusat maupun daerah terkait pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan produk dalam negeri.

Sekretaris Daerah sendiri dalam kesempatan itu meminta kepada pimpinan atau kepala OPD untuk memantau kegiatan yang ada ditempatnya masing - masing sehingga apa yang menjadi target dari OPD yang dipimpinnya dapat terealisasi sesuai dengan apa yang direncanakan.

"Kepada stakeholder terkait baik OPD yang melaksanakan kegiatan yang sumber pendanaannya dari DAK maupun APBD agar sesegera mungkin melaksanakan, menjalankan dan memantau progres kegiatan agar capaiannya sesuai dengan yang diharapkan", ucap Sekda. 

Khusus untuk e-katalog lokal, Sekda juga meminta kepada OPD yang terkait untuk menggesa dan mendaftarkan sesegera mungkin serta melengkapi kelengkapan yang dibutuhkan.