PWI Inhil Hadiri HPN di Kuansing: Merayakan Kebebasan Pers di Tengah Keindahan Alam Riau

KUANTAN SENGINGI, - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hilir turut menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Riau yang diadakan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Sudah ditentukan, beberapa jam sebelum keberangkatan ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) untuk menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Riau.

Keberangkatan ini bersama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Indragiri Hilir (Inhil) Ardiansyah Julor didampingi empat orang pengurus menggunakan kendaraan roda empat miliknya pada Jum'at, 19 Juli 2024.

Perjalan kami tanpa hambatan hingga sampai ke Kabupaten Kuansing menuju sebuah hotel tempat berkumpulnya seluruh wartawan se Riau yang tergabung dalam organisasi profesi pers, yakni PWI.

Sebelum malam puncak HPN Riau yang digelar pada Sabtu 20 Juli 2024 malam, kami menghadiri rangkaian kegiatan HPN, yakni lomba pacu jalur di Kecamatan Benai Kabupaten Kuansing.

Langit cerah dan sedikit terik, tidak ada tanda akan turun hujan, perlombaan pacu jalur tradisional itu sangat meriah disaksikan oleh pejabat dan Masyarakat Kuansing dan wartawan se Riau yang berkesempatan hadir.

Ribuan mata menyaksikan perlombaan yang diadakan di sungai ini yang memberikan pengalaman yang mengesankan tentang betapa kuatnya budaya maritim di daerah Provinsi Riau ini.

Usai menyaksikan pacu jalur tradisional yang saat ini menjadi event wisata nasional itu, kami meluangkan waktu untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Kuansing.

"Ayok kita mengeksplorasi wisata alam Air Terjun Guruh Gemurai Kuansing," kata Ketua PWI Inhil, Ardiansyah Julor.

Meski terik matahari menyengat, kami memulai perjalanan menuju Air Terjun Guruh Gemurai yang terletak di kawasan Hutan Lindung Bukit Rimbang Baling Kabupaten Kuansing.

Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menyejukkan. Suara gemuruh air terjun yang jatuh dari ketinggian menjadi latar belakang sempurna untuk bersantai setelah rangkaian acara HPN.

Menghadiri HPN di Kuansing bukan hanya tentang merayakan kebebasan pers, tetapi juga memahami lebih dalam tentang kekayaan budaya dan alam Indonesia. Dari acara formal hingga eksplorasi alam, setiap momen di Kuansing memberikan kesan mendalam. 

"Dengan pulang dari HPN, para jurnalis tidak hanya membawa ilmu dan inspirasi baru, tetapi juga kenangan indah dari tanah Riau yang penuh pesona," ucap Julor yang merupakan pria kelahiran Kecamatan Gaung Anak Serka itu 

Perjalanan menghadiri HPN di Kuansing ini menjadi bukti bahwa pers bukan hanya tentang menulis dan melaporkan berita, tetapi juga tentang menjalin hubungan dan memahami lebih dalam kehidupan dan budaya di setiap sudut negeri. 

"Semoga HPN tahun ini memberikan semangat baru bagi seluruh insan pers untuk terus berkarya dan menjaga kebebasan pers di Indonesia." kata Julor mengakhiri diskusi di bawah air terjun Guruh Gemurai.

Kami pun bergegas pulang ke hotel untuk bersiap-siap menghadiri malam puncak perayaan HPN yang direncanakan akan digelar ditepian sungai tempat perlombaan pacu jalur pada Sabtu 20 Juli 2024 malam.