Perjuangan di Masa Pandemi

Indragiri Hilir - Perang melawan pandemi Covid-19 masih dilakukan berbagai pihak, bukan hanya dari garda terdepan saja seperti dokter dan tenaga medis, tetapi dari aparat keamanan dan unsur-unsur terkait serta masyarakat turut andil dalam melawan virus korona ini. Kerjasama yang baik dari semua pihak, tentu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

Dr. Aleksis, Sp.P selaku juru bicara Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Inhil mengatakan berbagai elemen mulai dari masyarakat sampai dengan aparat keamanan sangat berperan penting dalam melawan virus ini. Kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dinilainya cukup tinggi.

“Masyarakat Inhil saya lihat cukup disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam hal penggunaan masker. Selain itu, pemerintah bersama aparat keamanan juga tidak henti-hentinya untuk terus mensosialisasikan tentang protokol kesehatan dan bahaya Covid-19 ini. Hal ini tentu saja membantu menekan turunnya angka kasus positif Covid-19 di Inhil. Intinya kebersamaan dan kerjasama dari semua pihak sangat penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19” ungkap Dokter Spesialis Paru tersebut.

Peran penting setiap orang dalam mendukung gerak bersama penanganan Covid-19 juga diungkapkan dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Covid-19 saat konferensi pers secara virtual yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jum’at (06/11/2020).

“Dan tentunya semua komponen masyarakat yang telah disiplin melakukan upaya pencegahan dengan cara memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan (3M). Sekali lagi ini adalah hasil dari kerja keras kita bersama. Seperti yang telah kita yakini kalau bersama-sama kita pasti bisa,”. ungkap dr. Reisa.

Lebih lanjut dr. Reisa juga mengungkapkan hasil diskusinya dengan Ahli Virologi Universitas Udayana Bali, Prof. I Gusti Ngurah Kade Mahardika pada Senin (2/10/2020) lalu. “Beliau mengingatkan bahwa kita semua ini punya andil dan berjasa dalam mensukseskan vaksinsi nanti. Maka mari kita doakan bersama uji klinis dapat berlangsung sukses dan vaksin yang manjur akan hadir. Dukung penuh proses vaksinisasi di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

 

 

…………………

Indragiri Hilir, 10 November 2020

Penulis : Hasbiantoro

Diskominfopers Inhil