Melalui “SIPANDA SAKTI” Dinas Perhubungan Inhil Berikan Pelayanan Publik ke Masyarakat

INHIL RIAU,- Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir merupakan bagian perangkat kerja dari sebuah sistem pemerintahan daerah yang diberi kewenangan dalam pelaksanaan penyelenggaraan perhubungan dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir INDRAWANSYAH, SE M.Si mengatakan, salah satu bentuk pelaksanaan penyelenggaraan perhubungan tersebut adalah Pengusulan Penyediaan dan Fasilitas Pemeliharaan Transportasi Sungai yang belum menggunakan sistem informasi.

Guna mempercepat proses pendataan kebutuhan Pengusulan Penyediaan dan Fasilitas Pemeliharaan Transportasi Sungai di Kabupaten Indragiri Hilir. Dinas Perhubungan melakukan suatu terobosan Melalui “SIPANDA SAKTI” (Sistem Informasi Pengusulan Penyediaan dan Fasilitas Pemeliharaan Transportasi Sungai),dimana masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan kebutuhan akan Fasilitas Transportasi Sungai baik dalam bentuk penyediaan maupun pemeliharaan melalui sistem informasi berbasis website yang telah tersedia di www.dishub.inhilkab.go.id.
masyarakat akan diminta untuk melakukan registrasi data diri dan mengisi form yang tampil di menu layanan website sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, pada sistem informasi ini akan ada beberapa jenis pelayanan pengaduan baik pengaduan yang masuk akan dapat dilihat oleh bagian pelayanan dan Kepala Bidang, dengan demikian sistem ini akan mempermudah masyarakat dalam membuat pengaduan tanpa melalui waktu yang lama. 

Kepala Dinas Perhubungan Inhil INDRAWANSYAH, SE. M.Si menambahkan, dengan adanya sistem ini dapat membantu Masyarakat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir dalam menyelesaikan masalah yang ada dan memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat dalam upaya proses penyampaian kebutuhan pengadaan dan pemeliharaan fasilitas pendukung transportasi sungai, sistem ini dapat memberikan kemudahan yang semula hanya mengandalkan cara pengaduan melalui surat, proposal ataupun musrenbang setiap tahunnya dan informasi dapat disajikan secara cepat kepada masyarakat sehingga pembuatan sistem informasi berbasis website ini dapat memperbaiki sistem penyampaian kebutuhan bidang perhubungan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir dapat lebih efektif dan efesien.