LEWAT SORUM, KINI MASYARAKAT INHIL BISA MENGAKSES INFORMASI TRANSPORTASI UMUM DENGAN MUDAH

Tembilahan Inhil,- Keterbukaan Informasi Publik merupakan momentum penting dalam mendorong transparansi informasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir, dimana setiap pelayan publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik. Pemerintah terus berusaha untuk melakukan pembangunan secara merata diseluruh wilayah Kabupaten Indragiri Hilir termasuk di dalamnya akses informasi kepada masyarakat sehingga dapat meredam gejolak-gejolak yang timbul akibat kurangnya informasi. Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir, sangat mendukung komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir INDRAWANSYAH, SE. M.Si mengatakan Inovasi ini merupakan terobosan yang digagas dalam rangka memberikan Pelayanan kepada Masyarakat pada sektor Transportasi Umum. Inovasi SORUM (Sistem Informasi Transportasi Umum) ini merupakan Informasi Pelayanan Publik yang memiliki tujuan mempermudah masyarakat, meningkatkan akses dan kualitas layanan Informasi Transportasi Umum di Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam hal ini aplikasi SORUM (Sistem Informasi Transportasi Umum) menyediakan informasi tentang ketersediaan Moda Transportasi Umum yang laik jalan dan laik layar serta yang memenuhi aspek standar pelayanan minimal sebagai penyelenggaraan transportasi umum di Kabupaten Indragiri Hilir beserta rute perjalanan sehingga masyarakat dengan mudah dan cepat melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Tujuan dari Inovasi ini adalah untuk menyederhanakan informasi manajemen transportasi  yang terdiri dari jadwal angkutan dan sarana angkutan dari website Dinas Perhubungan menjadi system informasi berbasis android melalui aplikasi SORUM (Sistem Informasi Transportasi Umum) untuk mempermudah masyarakat, meningkatkan akses dan kualitas layanan Informasi Transportasi Umum di Kabupaten Indragiri Hilir. Penjelasan INDRAWANSYAH, SE, M.SI sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir, jika ingin mengetahui informasi rute transportasi umum di Kabupaten Indragiri Hilir aplikasi ini sudah tersedia dan dapat diunduh melaui website https://dishub.inhilkab.go.id/inovasi/sorum/download .

Dengan adanya aplikasi SORUM (Sistem Informasi Trasnportasi Umum) peran serta masyarakat untuk dapat ikut serta mengawasi penyelenggaraan manajemen transportasi umum sesuai dengan aturan yang berlaku, dimana masyarakat dapat dengan mudahnya melaporkan segala hal bentuk-bentuk penyimpangan dari penyelenggaraan manajemen transportasi umum di Kabupaten Indragiri Hilir.

INDRAWANSYAH, SE, M.Si juga mengatakan ditahun – tahun kedepannya Aplikasi SORUM ini dapat terus dikembangkan dengan memberikan menu layanan lainnya disektor perhubungan di Kabupaten Indragiri Hilir.