KPID Riau Laksanakan Diskusi Publik Terkait Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO)

Pekanbaru Riau,- Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Provinsi Riau Melaksanakan Diskusi Publik sekaligus catatan koreksi Terkait Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) di Provinsi Riau, Kamis (8/12).

Diskusi Publik yang dilaksanakan di Kantor KPID Riau jalan Gajah Mada Pekanbaru ini dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Riau, Ketua KPID Riau, Kepala Balmon, Perwakilan PT Pos Indonesia, Dinas Kominfo Propinsi dan kabupaten kota Se-Provinsi Riau serta perwakilan media Televisi dan online yang ada diprovinsi Riau.

Diskusi Publik yang dilaksanakan juga sebagai bentuk evaluasi dan catatan bagi pemerintah provinsi Riau pada program Menkominfo Republik Indonesia dalam proses pemindahan dari Tv Analog ke Tv digital.

Ada dua poin penting dalam mensukseskan Program pemerintah tersebut yakni Infrastruktur dan Siaran TV Digital, dimana terdapat berbagai tantangan dan kendala dilapangan seperti:
1. Sebaran keberagamaan program siaran tidak merata, minat masyarakat minim.
2. Jangkauan siaran belum maksimal, akibat penundaan ASO tahap I dan II
3. Minimnya penggunaan antena UHF oleh masyarakat dibeberapa wilayah khusus nya diwilayah perbatasan 
4. Informasi yang minim tentang penggunaan dan pembagian STB untuk rumah tangga miskin

Berdasarkan hal tersebut diatas ketua komisi I DPRD Riau Eddy A. Mohd Yatim berharap proses pemindahan TV Analog ke TV digital ini tidak menimbulkan gejolak yang negatif dimasyarakat dikarenakan berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi.

Sementara itu Pihak Balmon Riau Moh. Syarif Helmi juga akan berusaha dalam meminalisir potensi gejolak yang akan terjadi dimasyarakat dikarenakan adanya pemindahan TV Analog ke TV Digital.

Ketua KPID provinsi Riau Falzan Surahman menjelaskan bahwa diskusi Publik ini telah mendapatkan banyak catatan permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh wilayah provinsi Riau dalam penerapan ASO dan kita berharap kendala tersebut dapat di tangani oleh pemerintah pusat.

Pemkab Inhil yang diwakili kepala bidang P4KSDKI Dinas Kominfo PS Zailani,Sos mendukung pelaksanaan ASO di Riau khususnya wilayah kabupaten Inhil, hanya saja secara Real masyarakat Inhil belum menerima STB yang disalurkan melalui PT. Pos Indonesia di wilayah Inhil.

Sejalan dengan itu pemkab berharap LPPL Inhil (GGTV) dapat bergabung dengan MUX yang tersedia dikota Tembilahan sehingga masyarakat Inhil dapat menikmati siaran dan konten Tv lokal dan Tv Nasional.