Ketua HKTI Riau HM WARDAN Gaungkan Semangat Bertani di Lahan Tidur

INDRAGIRI HILIR,- Ketua HKTI Riau HM. Wardan yang juga merupakan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir melakukan penanam dan panen komoditi sayuran berupa kacang panjang, bertempat di kebun kelompok tani "Indah Jadi", parit hijrah, kelurahan seberang Tembilahan, rabu (02/08/2023).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua KTNA Inhil, H. Yusuf Said, Anggota DPRD, Camat Tembilahan Kota, Camat Tembilahan Hulu, Lurah Seberang Tembilahan, para kelompok tani, mahasiswa KKN Unisi, serta masyarakat sekitar.

Ketua HKTI Provinsi Riau, HM. Wardan sangat mengapresiasi langkah Kelompok Tani Indah Jadi dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan kosong untuk menanam komoditi sayuran.

"Saya sangat mengapresiasi kelompok tani indah jadi yang memanfaatkan lahan kosong berukuran 0,2 hektare yang tidak begitu luas ini, dengan waktu 35 hari yang tidak terlalu lama sudah bisa panen 100 kg lebih dengan  2 hari sekali panen, dengan nilai jual Rp. 8.000 / kg," ujar HM. Wardan.

Ketua HKTI Provinsi Riau ini juga menghimbau kepada warga dan masyarakat yang memiliki lahan, agar jangan membiarkan lahannya menjadi kosong. 'Mari kita sama-sama maksimalkan dan fungsikan dengan menanam tanaman musiman seperti kacang panjang, cabe, tomat, terung dan timun," tambahnya.

"Semoga apa yang dilaksanakan kelompok tani "Indah Jadi" ini dapat di tiru oleh masyarakat yang lain untuk memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami tanaman yang cepat musim sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan pendapatan," pungkas HM. Wardan.