Ikuti Sosialisasi Penyakit Tuberculosis (TB).Ini pesan Zulaikha Wardan…

Tembilahan – Bersempena Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 49 tahun 2021,  serta dalam rangka Hari Tuberculosis (TBC) Sedunia yang  diperingati setiap tanggal 24 Maret, Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir berkerjasama dengan dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar acara sosialisasi penyakit TB ( TUBERCULOSIS) yang dilaksanakan di Aula Gedung Wanita Kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (23/03/2021).

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai penyakit Tuberculosis kepada seluruh peserta yang terdiri dari semua ketua serta anggota  TP. PKK  se- Kabupaten Indragiri Hilir untuk disosialisasikan kepada warga masyarakat di kecamatan masing-masing dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit TB serta berpartisipasi dalam menemukan penderita penyakit TB sejak dini.

Ketua TP. PKK Kabupaten Indragiri Hilir Hj. Zulaikhah Wardan saat membuka acara sosialisasi ini  mengatakan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sudah melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit TB, salah satunya dengan imunisasi. Selain itu ia menilai sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki pemahaman penuh soal penyakit TB, Mulai dari cara menghindari dan mengobati paparan virus tersebut.

“Pemda Inhil selalu berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit TBC serta selalu memberi pemahaman bahaya penyakit TBC,”ucap Zulaikha

Masih kata Zulaikha, ”TBC sebagai penyakit yang cukup mematikan, dapat dicegah melalui GERMAS (Gerakan Masyarkat Hidup Sehat). Menurutnya selain Germas, pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjadi bagian dari upaya preventif menanggulangi sebaran TBC di tengah masyarakat,” Tambahnya

Oleh  sebab itu Dalam  rangka mewujudkan Eliminiasi TB 2030 yang sudah di canangkan ini mesti di tindaklanjuti dengan kegiatan nyata di lapangan, seperti mengaktifkan kader pendamping pasien TB, dan juga harus ada program peningkatan gizi bagi pasien TB, karena umumnya penderita TB adalah ekonomi lemah, kemudian juga harus ada gerakan kebersihan lingkungan,Lanjut beliau.

Dalam Kegiatan sosialisasi tersebut tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Kab. Inhil, Wakil Ketua TP PKK Kab. Inhil serta ketua TP PKK Kecamatan se- Kabupaten Indragiri Hilir.

……