H.Zulaikha Wardan berikan santunan ke pasien rumah singgah

 

Bertempat di Rumah Singgah Baiturrahman, Jalan Bunga Tembilahan, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME selaku Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Inhil merasa senang karena dapat bersilaturahmi kembali dengan pengelola rumah singgah serta masyarakat. Jum'at (5/3/2021) pagi.

 

Kepala Dinas Sosial, H Arifin SSos MM mengutarakan bahwa pada dasarnya rumah singgah ini diperuntukkan kepada masyarakat dari daerah yang ingin berobat di RSUD Tembilahan.

 

"Karena banyak masyarakat yang mau berobat ke rumah sakit namun tidak ada tempat menginap, itu kasus yang banyak ditemukan oleh teman-teman kami di lapangan. Karena kadang kalau berobat harus menunggu tindak lanjut dari rumah sakit, sehingga kadang penyakit itu bisa semakin parah. BPJS kan hanya untuk pengobatan," ungkapnya.

 

Sepakat dengan laporan dari Kepala Dinas Sosial, Zulaikhah mengucapkan terimakasih dan memberi apresiasi kepada Dinas Sosial. Dirinya memberi arahan agar Dinas Sosial juga memprogramkan biaya transportasi dan akomodasi pasien dari daerah beserta pendampingnya.

 

"Saya mohon inilah yang harus diprogramkan Dinas Sosial, baik pasiennya maupun pendampingnya, minimal 1 orang yaitu biaya hidup selama pengobatan dan transport PP. Karena inilah yang dibutuhkan masyarakat kita, jadi jangan ada lagi masyarakat kita yang menahan sakit di kampung," harap Ibunda Kabupaten Inhil ini.

 

Dirinya menginstuksikan agar Dinas Sosial melakukan kerjasama yang lebih intens kepada kelurahan/ desa bahkan RT/ RW. Menurut wanita yang selalu tampil anggun bersahaja ini, RT/ RW adalah aparat yang paling mengetahui kondisi warganya.

 

"Minta mereka melakukan pendataan yang betul-betul agar tau kondisi, mana warga yang benar-benar sakit, yang kurang mampu yang harus kita bantu," pungkasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Zulaikhah menyerahkan santunan kepada 5 orang pasien rumah singgah,  dengan rincian; 1 orang pasien masyarakat miskin yang dalam perawatan pasca operasi, 3 orang warga disabilitas, dan 1 orang warga kurang mampu.

...

Diskominfo Inhil