Bupati HM WARDAN Harapkan Gema Muharram 1445 Hijriyah Bangkitkan Ukhuwah islamiah Masyarakat Inhil

INDRAGIRI HILIR,- Setelah tidak dilaksanakan selama pandemi covid 19, event atau acara Wisata religi gema muharram kembali digelar meriah oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) pada tahun 2023.

Masyarakat  Tembilahan sekitarnya tumpah ruah pada puncak acara  Wisata Religi Gema Muharram yang di pusatkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Jumat (28/7/2023) sore.

Puncak  Wisata Religi Gema Muharram yang diisi dengan istighosah pun semakin meriah dengan hadirnya penceramah Habib Mustafa Bin Sholeh Al Hadar Dari Martapura Kalimantan Selatan.

Tausyiah Habib Mustafa dengan ciri khasnya mencampurkan bahasa Indonesia dan bahasa banjar ini menjadi magnet tersendiri dan membuat gelak tawa sekitar ribuan warga  Tembilahan dan sekitarnya yang hadir.

Usai istighosah dilanjutkan dengan buka puasa bersama menggunakan menu bubur asyura dan tutup dengan shalat maghrib berjamaah.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Inhil, Bupati Inhil HM Wardan mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada al-mukarramah Habib Mustafa bin Sholeh al-haddar dari Kalimantan Selatan serta Gubernur Riau yang diwakili Asisten bidang pemerintah dan kesejahteraan masyarakat, Drs. H. Masrul Kasmi dan tamu undangan lainnya.

Menurut Bupati, kegiatan gema muharram ini dilaksanakan sebagai bentuk syiar Islam yang di harapkan dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah antar sesama umat Islam.

“Kegiatan ini untuk memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriah yang dikemas dalam even  Wisata Religi Gema Muharram,” ujar Bupati Wardan dalam sambutannya saat membuka istighosah.

Bupati mengucapkan rasa syukur karena pada tahun ini bisa kembali melaksanakan kegiatan  Wisata Religi Gema Muharram dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriah di Kabupaten Inhil.

Oleh karena itu Bupati Inhil HM Wardan berharap kegiatan ini bisa menguatkan pemahaman dan pengetahuan sepenuhnya tentang Islam sebagai urgensi Muhasabah diri di tahun baru Islam.

“Setelah tentunya berapa tahun tidak kita laksanakan karena pandemi covid 19. Semoga memberi motivasi generasi penerus untuk selalu memegang teguh agama Allah dan dapat membentengi diri dengan ketakwaan yang kuat,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Riau H. Syamsuar dalam pidatonya yang dibacakan oleh Asisten bidang pemerintah dan kesejahteraan masyarakat, Drs. H. Masrul Kasmi menyampaikan, pariwisata Indragiri Hilir yaitu even wisata Gema Muharam ini sudah ditetapkan dari provinsi Riau sebagai even  Wisata Religi Gema Muharram tingkat provinsi Riau.

“Nah itu yang paling penting, walaupun setelah beberapa lama tidak dapat dilakukan karena ada covid, namun ini akan tetap kita jalankan terus ini sudah menjadi kalender wisata provinsi Riau,” tutur Masrul mewakili Gubernur Riau yang berhalangan hadir.

Masrul pun menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya serta apresiasi terhadap antusias masyarakat Inhil, khususnya  Tembilahan yang memenuhi lapangan Gajah Mada  Tembilahan.

“Karena kalau ditengok hari ini tak tanggung. Saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran kita semua dan atas dukungan kita semua dan dukungan semua pihak. Melalui kesempatan ini Izinkan,” pungkasnya.

Dalam even gema muharram 2023 ini juga digelar bazar, lomba tabak telur antara pelajar dan instansi dan kegiatan keagamaan lainnya.