Media Center

Diskominfopers Inhil dan KPC-PEN Gelar PETUNRA

Ditulis oleh Nirma

Selasa, 24 November 2020 21:10 WIB

Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit adalah slogan yang diusung dalam acara Pertunjukan Kesenian Tradisional (Petunra), yang digagas Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

 Petunra adalah simbol kreativitas di tengah Pandemi. Meskipun di tengah keterbatasan, masyarakat diminta untuk tetap produktif namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain penampilan Seni, acara juga diselingi dengan dialog menyoal tentang Covid-19, meliputi sosialisasi disiplin protokol kesehatan, penangannya dan vaksin.

 “Pemerintah Kabupaten Inhil telah menerbitkan Peraturan Bupati tentang Disiplin Protokol Kesehatan sebagai upaya untuk menertibkan masyarakat. Selain itu, Alhamdulillahnya di provinsi Riau Inhil adalah Kabupaten pertama yang memiliki alat tes PCR mandiri yang dibeli dengan APBD Inhil”, jelas Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf.  Imir Faishal saat menyampaikan langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah untuk melawan Covid-19.

Tak hanya upaya penegakan disiplin protokol kesehatan, pemerintah saat ini tengah menyiapkan vaksin Covid-19 sebagai upaya mewujudkan Kesehatan Pulih. Menurut dr. Alexis, selaku Juru Bicara Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Inhil, vaksin adalah produk biologis yang ditujukan untuk melindungi dan mencegah dari penyakit.

 “Dengan Vaksin sistem kekebalan tubuh akan terbentuk secara alami, sehingga tubuh kita siap melawan penyakit. Masyarakat jangan khawatir, tentunya semua vaksin sebelum diberikan tetap di uji keamananya terlebih dahulu, ” ungkap Dokter Spesialis Paru tersebut.

Berbagai program pemerintah untuk menangani Covid-19 tidak terlepas dari peran Media dalam lakukan publikasi dan sosialisasi. Sebagai corong informasi di Inhil, dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Diskominfopers Inhil, pihaknya menggunakan berbagai media massa untuk menyebarluaskan informasi.

“Kita gunakan media massa, televisi, radio, bahkan media luar ruangan seperti Billboard. Ini adalah bentuk upaya kami agar masyarakat paham protokol kesehatan, agar kesehatan masyarakat terjaga sehingga ekonomi tetap berjalan”, kata Trio Beni menutup sesi dialog.

Helatan Petunra digelar pada Senin malam (23/11), di Studio Gemilang Televisi . Berbagai kesenian tradisional yang berkembang di Inhil disajikan, mulai dari Syair, Madihin, Langgam Melayu dan Tari Persembahan.

 

…………..

Tembilahan, 24 November 2020

Diskominfopers Inhil.