Media Center

BPS Inhil Menggelar "Census Night"

Ditulis oleh Nirma

Rabu, 16 September 2020 16:30 WIB

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), lakukan sensus penduduk bagi masyarakat yang tidak memiliki tempat tinggal (Tunawisma) dan awak Kapal berbendera Indonesia. Kegiatan yang bertanjuk Cencus Night ini diselenggarakan bertepatan dengan hari sensus pada 15 September 2020.

Gelaran cencus night merupakan rangkaian kegiatan BPS dalam mensukseskan sensus penduduk tahun 2020. Dimulai sejak malam hingga pagi hari, BPS Inhil serentak melakukan pendataan masyarakat di wilayah Kecamatan Tembilahan Kota dan Tembilahan Hulu.

Hartono selaku Kepala BPS Inhil katakan, cencus night dilakukan pada malam hari agar mempermudah petugas sensus menemukan masyarakat Tunawisma untuk dilakukan pendataan.

“Karena kalau malam hari para Tunawisma itu sedang istirahat di satu titik lokasi, jadi petugas lebih mudah menemukan mereka”, ujar Hartono.

Kepala BPS mengharapkan, seluruh masyarakat Inhil dapat tercatat dalam data sensus penduduk pada tahun 2020. Selain itu, Tim petugas sensus juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada saat melaksanakan sensus.

Petugas Sensus yang melaksanakan cencus night dibantu oleh satuan Pamong Praja dan Dinas Sosial. Tim melakukan penelusuran mulai dari pelabuhan, emperan toko, jalan-jalan, taman kota dan lokasi lainnya yang menjadi tempat persinggahan para Tunawisma.

.

 ……….

DiskominfopersInhil