Wujudkan Pemerintahan Akuntabel melalui Manajemen Risiko

Penyelenggara pemerintahan kerap hadapi persoalan dalam mewujudkan program kerja organisasi. Karenanya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) gelar webinar yang bertajuk "Manajemen Risiko pada Sektor Publik", Rabu 29 Juli 2020.

Seminar online ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi dalam tata kelola pemerintahan di daerah, Asisten II sekretariat daerah Inhil Afrizal dan Organisasi Perangkat Daerah terkait hadir mewakili pemerintah Kab. Inhil melalui video conference yang berlokasi di e-bilik Diskominfopers.

Webinar dimulai dengan sambutan Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tumpak Haposan Simanjuntak dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, keduanya sepakat, manajemen risiko merupakan hal penting dalam menjalankan organisasi publik. Kesuksesan pemerintah nasional dipengaruhi oleh kemampuan sektor publik dalam pengoptimalan fungsi dan tanggung jawabnya. Dalam hal ini, peran sekretaris daerah dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) diperlukan sebagai pionir dalam pengelolaan manajemen risiko.

Setelahnya, webinar dilanjutkan pemaparan materi oleh Sarah Gordon, Narasumber yang berasal dari United Kingdom ini sampaikan, risiko merupakan peluang munculnya ancaman yang potensial, oleh sebab itu, poin penting dalam manajemen risiko bukan tentang pembuatan kebijakan tapi pelaksanaan kebijakannya. Sarah juga berpesan, dalam hadapi risiko kita harus menyederhanakan persoalan dan melakukan upaya nyata dalam mengontrol organisasi publik.

Materi dilanjutkan oleh Bea Rejeki, Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintah Daerah ini memaparkan, strategi penerapan manajemen risiko yakni, pembangunan budaya sadar risiko penetapan, struktur pengelolaan risiko, integrasikan proses manajemen risiko dengan sistem manajemen pemda, mengelola risiko dalam semua tingkatan unit serta perbaikan sistem perencanaan kinerja.

Kemudian, Elfin Ilyas Inspektur III Kemendagri menyampaikan materi, menurutnya APIP berperan dalam pencegahan risiko korupsi pada sektor organisasi public. APIP fokus mengawasi aspek keuangan daerah dan pelayanan public.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, diharapkan, webinar manajemen risiko ini dapat mempercepat organisasi dalam mencapai tujuan dan sasarannya.

 

………

Diskominfopers

Tembilahan, 30 Juli 2020