Waspada Rabies, HM Wardan Tegaskan Dinas Terkait Untuk Gerak Cepat

Tembilahan- Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Muhammad Wardan mengingatkan kepada masyarakat untuk dapat selalu waspada terhadap bahaya penularan penyakit virus rabies yang saat ini sedang terjadi di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Kabupaten Inhil, tepatnya di Desa Kempas Jaya Kecamatan Kempas, yang mengakibatkan 1 orang meninggal. 

Pasca kejadian tersebut, HM Wardan langsung minta Dinas terkait yakni Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kab. Inhil dan Dinas Kesehatan Kab. Inhil untuk dapat bergerak cepat melaksanakan vaksinasi.

"Saya tegaskan kepada Dinas terkait untuk dapat melakukan vaksinasi dan bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk memfasifkan edukasi mengenai penyebaran virus rabies kepada masyarakat" tegas Wardan. 

Bupati juga berharap masyarakat secara aktif melaporkan kepada petugas kesehatan apabila mengetahui ada kasus gigitan anjing.

"Saya harapkan peran aktif masyarakat untuk dapat sesegera mungkin melapor kepada petugas kesehatan atau ke puskesmas terdekat jika melihat ataupun diserang oleh anjing" ujar Bupati.

Untuk diketahui, rabies adalah infeksi virus yang menyerang otak dan sistem saraf manusia dengan cara penularan melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing, musang, kelelawar, monyet dan hewan lainnya.