Vaksinasi : Upaya Pencegahan Melawan Covid-19

 Vaksinasi merupakan sebuah senjata yang paling diharapkan sebagian besar masyarakat diberbagai penjuru saat ini, dalam menghadapi dan melawan Covid-19. Vaksinasi ini juga merupakan upaya pencegahan yang dilakukan dalam menurunkan angka kasus Covid-19. Dengan hadirnya vaksin, pemerintah berharap tidak hanya menurunkan angka konfirmasi positif Covid-19 saja, tetapi juga kasus kematian karenanya.

Dikatakan dr. H. Mohamad Subuh, MPPM, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementrian Kesehatan RI dalam Dialog Produktif dengan tema “Vaksinasi : Pencegahan VS Pengobatan” yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Media Center KPCPEN, Selasa (1/12/2020).

“Pemerintah harapannya dapat melindungi masyarakat secara utuh, meningkatkan produktivitas dan pendapatan serta kesejahteraan. Kalau dalam bahasa ekonominya mencegah lebih murah daripada mengobati. Ilmu ekonomi yang masuk dalam bidang kesehatan adalah suatu tuntunan untuk bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah-masalah kesehatan secara efektif dan efisien,” jelas dr. Subuh.

Dalam paparan dr. Aleksis, Sp.P yang merupakan Juru Bicara Satgas Covid-19 pada dialog acara PETUNRA yang dilaksanakan oleh KPCPEN di Kabupaten Inhil, ia mengatakan vaksin merupakan produk biologis yang biasanya diberikan kepada seseorang untuk melindungi diri dari penyakit berat bahkan mematikan.

 “Dengan menstimulasi terbentuknya kekebalan tubuh alami, vaksin membuat tubuh siap melawan suatu penyakit dengan lebih cepat dan efektif,” jelasnya.

Upaya menurunkan angka kasus konfirmasi positif Covid-19 dikatakan Kompol Maison Kabag OPS Polres Inhil saat menjadi narasumber pada Webinar Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit di Diskominfopers Kab.Inhil menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya fokus pada individu saja, tetapi pada berbagai kalangan turut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

“Jika kita secara bersama-sama dapat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, maka pemutusan rantai Covid-19 akan lebih mudah dilaksanakan sehingga Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit,” ujar Maison.

 

…………..

INDRAGIRI HILIR

PENULIS : HASBIANTORO

DISKOMINFOPERS INHIL