Upaya Pemkab Inhil dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Ekonomi Pulih

Mewujudkan masyarakat sehat pada masa Pandemi Covid-19, pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerapkan Tracing, Testing dan Treatment (3 T). Berikut disampaikan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Inhil, Komisari Polisi (Kompol) Maison, saat menjadi narasumber dalam Webinar yang bertajuk Masyarakat Sehat Ekonomi Bangkit.

Webinar digagas oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) bersinergi dengan Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Inhil. 

Dikatakan Kabag Ops Polres Inhil, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam upaya penegakan hukum disiplin protokol kesehatan.

“Kita melakukan Tracing yaitu penelusuran tentang jejak kontak para pasien, kemudian melakukan tes Swab untuk memastikan jumlah warga yang terkonfirmasi, lalu melakukan Treatmen yaitu upaya penyembuhan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19”, ungkap Sarjana hukum tersebut pada Rabu siang (25/11).

Lanjutnya, untuk menjaga kesehatan warga berbagai upaya medis juga perlu ditempuh, termasuk kehadiran vaksin yang saat ini disiapkan pemerintah pusat.

“Semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat di uji kemanan yang ketat sebelum diproduksi. Jadi ilihat dulu aman atau tidak efek kedepannya apa, bukan semerta-merta langsung diberikan kepada masyarakat”, ungkap Kompol Maison.

Selain sektor kesehatan, Pandemi Covid-19 berdampak pada roda perekonomian masyarakat. Oleh karena itu PEN bertugas melakukan pemulihan ekonomi melalui berbagai program meliputi, Banpres Usaha Mikro, Bantuan Subsidi Upah, Perlindungan Sosial, Sektor UMKM dan Sektor Kementerian.

“Di Kabupaten Inhil sendiri upaya pemerintah dalam memulihkan ekonomi, dengan menyiapkan anggaran untuk membantu masyarakat serta mengajak Pemuda daerah untuk bersinergi. Anak muda harus mampu menguasai teknologi dan menjadi penggerak dalam pertumbuhan ekonomi”, ujar Riyad Rahim, Kepala Bidang Persandian dan Statistik yang juga menjadi narasumber dalam Webinar.

Webinar yang berlangsung di Studio Gemilang Televisi itu, diikuti oleh 20 Kecamatan se Kabupaten Inhil secara virtual. Kegiatan juga diselingin dengan penampilan musik dan puisi yang dipersembahkan oleh Staf Diskominfopers Inhil. Acara kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berlangsung atraktif.

 

………….

Tembilahan, 26 November 2020

Diskominfopers Inhil