UNISI dan BPOM Inhil Bahas MoU Pengembangan UMKM Olahan Pangan

INDRAGIRI HILIR- Rektor Universitas Islam Indragiri (Unisi) melakukan koordinasi dengan Kepala BPOM Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk pelaksanaan Memoranding Of Understanding (MoU) yang meliputi ruang lingkup peningkatan pengetahuan terkait produk obat dan makanan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mahasiswa Unisi.

Pertemuan juga membahas kolaborasi BPOM Inhil dan Unisi untuk pendampingan UMKM dalam rangka pengembangan produk pangan olahan penelitian Unisi.

“Harapannya kedepan Perjanjian Kerjasama ini dapat bermanfaat pagi pelaku usaha UMKM dan mahasiswa serta melakukan kolaborasi dengan salah satu instansi termasuk BPOM Inhil yang diharapkan mampu memaksimalkan peran Unisi dalam pembangunan di Inhil,” harap Rektor Unisi Dr. Najamuddin.

Kebangkitan UMKM akan menjadi pendorong utama untuk penggerak perekonomian Indonesia di tengah pandemi covid-19, oleh karenanya, UMKM dapat melakukan kontribusi selama masa pandemi dengan saluran pinjaman untuk modal usaha. Pinjaman usaha yang cepat fintech lending sangat membantu sehingga olahan hasil penelitian dosen dan mahasiswa di masa pandemi dapat dikembangkan sesuai ketersediaan bahan baku yang ada di Inhil  .

BPOM Inhil memberikan penyuluhan dan penelitian serta pelatihan untuk mahasiswa yang ditunjuk sebagai fasilitator pangan, yang kemudian berdampingan kepada Unisi dan BPOM dalam produk olahan pangan di tengah pandemi covid-19.

Rencana pemerintah untuk mengembangkan UMKM di tengah pandemi covid-19 adalah sebuah harapan bagi masyarakat Indonesia yang tentunya dapat memberikan dampak secara langsung terhadap roda ekonomi dan kegiatan UMKM yang menjadi target bagi dunia usaha khususnya UMKM yang dapat meningkatkan kepercayaan publik,” pungkas Najamuddin.

Berdasarkan himbauan dari BPOM Kabupaten Inhil kepada masyarakat untuk tetap melakukan penerapan protokol kesehatan, dan yang tak kalah penting yaitu memperhatikan kualitas dan keamanan produk yang dijual, dengan menerapkan Cek Klik, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Tanggal Kadaluwarsa.

 

---------

Indragiri Hilir, November 2020

Penulis : HASBIANTORO

Diskominfopers Kabupaten Inhil