TEATRIKEL, Inovasi Diskominfopers Beri Ruang Kreativitas untuk Difabel

Sebagai pelayan publik yang menaruh perhatian terhadap anak-anak difabel, Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Indragiri Hilir (Inhil) memprakarsai inovasi berjuluk “TEATRIKEL” Tempat Kreatif Kaum Difabel.

Inovasi ini juga bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 yang menjamin hak-hak penyandang difabel, meliputi hak untuk mengembangkan diri, berkesenian dan mendapat pelayanan publik.

Kepala Diskominfopers Inhil Trio Beni Putra ungkapkan, dengan adanya inovasi TEATRIKEL dapat meningkatkan kepercayaan diri penyandang difabel dan mengembangkan bakat mereka hingga menjangkau penonton yang lebih luas.

“Kami menyediakan studio, lengkap dengan kamera, lighting dan alat-alat siaran lainnya. Kami juga punya tim kreatif yang standby membantu anak-anak difabel dalam produksi video penampilan bakat mereka, entah itu bakat seni, olahraga, agama, pokoknya apa saja yang ingin mereka tampilkan kita siap,” jelas Trio saat dijumpai di tengah persiapan sosialisasi TEATRIKEL (18/3/2022).`               

Selain membantu dalam proses produksi video, Diskominfopers Inhil  akan memberi dampingan kepada anak-anak difabel untuk menjadi content creator.

“Nah nanti kita buatkan akun youtube untuk mereka masing-masing, kita ajarkan cara pengelolaannya. Video yang dihasilkan nanti akan langsung di upload pada akun tersebut,” tambah Kadis Kominfopers Inhil.

Lebih lanjut Trio berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antara kaum difabel dan non-difabel sehingga menghapus sekat sosial di antara keduanya.