Sunat Massal Gratis dan Donor Darah Warnai Perayaan Hari Guru 2020

 

"Bakti Kami untuk Negeri" merupakan tema yang diusung dalam peringatan Hari Guru Nasional 2020 di SMAN 1 Tembilahan Hulu (Smansahul). Minggu (29/11).

Acara tajaan Alumni Smansahul angkatan 2006 tersebut diisi dengan Sunat Massal gratis dan Donor Darah. Bersinergi dengan Rano Kirman Center (RK Center) dalam proses sunat, serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Indragiri Hilir (Inhil) dalam kegiatan donor darah.

Sunat gratis telah sering ditaja oleh Rumah Sunat milik RK Center, pihaknya memfokuskan pada kegiatan sunat karena sunat miliki banyak manfaat untuk kesehatan.

“Sunat adalah kewajiban umat muslim, sunat memiliki hikmah, baik secara agama maupun dalam dunia kesehatan. Sunat dapat mencegah kanker Penis, penyebaran  Human Papilloma Virus (HPV), serta penyakit infeksi saluran kemih lainnya”, jelas dr. Rano Kirman selaku pendiri RK Center.

Kendati tidak dipungut biaya, dr. Rano menjamin bahwa alat-alat medis yang digunakan telah memenuhi standar kesehatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Sama halnya dengan Sunat, donor darah juga berguna untuk tubuh si pendonor. Selain berkhasiat untuk diri sendiri Donor Darah juga merupakan kegiatan amal.

“Donor darah  adalah kegiatan amaliyah yang berguna untuk orang lain dan diri sendiri. Untuk kesehatan, donor darah dapat mencegah pengentalan darah bagi pendonornya. Saat mendonor, darah kita akan terus berganti dengan darah yang baru sehingga kita akan makin sehat”, papar Ketua PMI Inhil, Zulaikhah Wardan.

Lebih lanjut lagi, Wanita yang bertindak selaku Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Nahdhatul Ulama Inhil tersebut jelaskan manfaat kegiatan.

“Pada masa Pandemi ketersediaan darah di PMI sangat terbatas, dengan adanya bakti sosial seperti ini dapat menambah stok darah dan membantu masyarakat”, tambah Zulaikhah.

Sesuai dengan tema yang diusung, Sunat gratis dan donor darah adalah bentuk bhakti pihak penyelanggara terhadap masyarakat Inhil. Acara sosial ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang kekurangan biaya untuk menyunat anaknya, serta menyediakan stok darah yang siap digunakan bagi warga yang membutuhkan.

 

……..

Tembilahan, 29 November 2020

Diskominfopers Inhil