Pj.Bunda Paud Inhil Inginkan Calistung Tidak lagi Menjadi Syarat dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

INDRAGIRI HILIR, -Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Inhil sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Indragiri Hilir Hj. Katerina Susanti Herman, membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) penguatan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bagi himpunan pendidik anak usia dini (himpaudi) Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2024.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil tersebut di ikuti sebanyak 40 peserta tenaga pendidik PAUD Se- Kabupaten Indragiri Hilir berlangsung selama 3 hari di aula hotel Harmoni Tembilahan, Senin, (04/04/2024).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Inhil Hj. Katerina Susanti Herman menegaskan, Bahwa tes membaca, menulis, dan berhitung (calistung) tidak boleh lagi diterapkan sebagai syarat dalam proses penerimaan peserta didik baru.

“Penghapusan tes calistung merupakan salah satu poin yang tertuang dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan," ungkapnya 

Bunda PAUD juga menjelaskan, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memaksa anak usia dini supaya bisa cepat membaca dan berhitung justru membuat anak mudah mengalami stres.

“di harapkan proses pembelajaran yang menyenangkan dari tingkat PAUD dapat berlanjut ketika peserta didik memasuki jenjang SD kelas awal, Jangan sampai pembelajaran yang sudah menyenangkan di PAUD justru berubah ketika anak-anak kita masuk sekolah dasar,” tambahnya 

Bunda PAUD Inhil juga menekankan pentingnya bimtek dalam mendukung terlaksananya transisi paud ke SD yang menyenangkan.

"Para peserta diminta dapat mengikuti kegiatan bimtek ini dengan serius sehingga maksud dan tujuannya dapat tercapai,“harap Bunda Paud

Turut hadir dalam pembukaan bimtek tersebut Kepala dinas Pendidikan beserta kabid, kasi dan pejabat fungsional di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir serta Ketua HIMPAUDI Kabupaten Indragiri Hilir.