Pj Bupati Inhil Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024

PJ Bupati Inhil yang diwakili oleh Asisten II Setda Inhil, Junaidy Ismail, bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Inhil, menghadiri dan mengikuti Rapat Rutin Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 secara virtual di Ruang Vidcon Diskominfo-Pers Kabupaten Inhil pada Senin, 12 Agustus 2024 pagi. 

Rapat ini dipimpin oleh Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir, dan diikuti oleh pejabat tinggi Madya Pratama kementerian dan lembaga, gubernur, bupati, serta walikota se-Indonesia secara daring.

Windhiarsho Ponco A.P., Direktur Direktorat Statistik Harga BPS, menyampaikan tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga pada minggu kedua Agustus 2024. Ia mencatat bahwa beberapa wilayah masih mengalami deflasi, dengan jumlah daerah yang mengalami penurunan Indeks Harga Pokok (IPH) lebih banyak dibandingkan yang mengalami kenaikan IPH.

Windhiarsho menambahkan, komoditas dominan yang memberikan andil deflasi komponen bergejolak antara lain bawang merah, cabai merah, tomat, daging ayam ras, bawang putih, dan telur ayam ras.

“Hal ini tentunya menjadi perhatian penting bagi pemerintah daerah karena bila terus dibiarkan dapat berdampak signifikan terhadap perekonomian lokal,” ujarnya.