Pj Bupati Inhil: Festival Literasi Wujudkan Budaya Membaca

Keritang, 26 Oktober 2024 - Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir, H. Erisman Yahya, secara resmi membuka kegiatan Festival Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di SMA N 1 Kecamatan Keritang, Sabtu (26/10/2024). 

Acara ini turut dihadiri Bunda Literasi Kab. Inhil, Camat Keritang, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Inhil beserta tamu undangan lainnya yang turut mendukung peningkatan literasi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati menyampaikan pentingnya pembudayaan kegemaran membaca bagi masyarakat sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan tujuan dari Pembukaan UUD 1945. "Festival ini adalah tempat bagi kita untuk meningkatkan minat baca dan menulis, terutama di kalangan generasi muda," ujar Pj Bupati.

Ia juga menekankan pentingnya peran perangkat daerah, organisasi masyarakat, komunitas literasi, serta masyarakat luas untuk bersinergi dalam mewujudkan masyarakat yang gemar membaca. "Kita semua harus mengampanyekan gerakan gemar membaca di berbagai kalangan dan menjadikan diri kita sebagai role model dalam membudayakan literasi," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati menyampaikan harapannya agar kegiatan ini menjadi titik awal koordinasi antara Bunda Literasi, perangkat daerah, dan berbagai komunitas untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Festival Literasi ini tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan mempererat komunikasi, tetapi juga diramaikan dengan berbagai perlombaan menarik seperti Lomba Lapak Literasi, Lomba Mewarnai, Lomba Bercerita atau Mendongeng, Lomba Puisi, dan Lomba Pidato Bahasa Inggris.