Pj Bupati Inhil di Dampingi Pj Ketua TP PKK Inhil Membuka Jambore Kader PKK Kelurahan/Desa Kec Sungai Batang

INDRAGIRI HILIR,- Penjabat Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H. Herman, SE, MT membuka secara langsung kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Kecamatan Sungai Batang, Selasa (07/05/2024).

Turut hadir dalam kesempatan ini Dandim 0314/Inhil, alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta Kepala OPD dilingkungan Pemkab Inhil juga undangan lainnya.

Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Kecamatan Sungai Batang ini dirangkaikan dengan Pengukuhan Bunda Literasi, Bunda PAUD, Bunda Asuh Anak Stunting dan Pembina Posyandu Kelurahan / Desa se Kecamatan Sungai Batang yang dilakukan oleh Pj Ketua TP PKK Inhil Hj. Katerina Susanti Herman.

Diawal sambutannya, Pj Bupati Herman menyampaikan bahwa PKK sebagai mitra pemerintah memiliki peran penting dalam memberdayakan keluarga terutama perempuan sebagai motor penggeraknya.

“PKK merupakan mitra pemerintah yang mempunyai peran sangat strategis dalam mewujudkan keluarga yang beriman, maju, mandiri dan sejahtera,” ujarnya

Kegiatan tahunan yang diisi dengan berbagai macam perlombaan ini, diharapkan Pj Bupati dapat meningkatkan wawasan, kemampuan, serta keterampilan Kader PKK di Kabupaten Inhil khususnya di Kecamatan Sungai Batang.

Memanfaatkan momentum ini, Pj Bupati Herman juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menurunkan angka stunting.

“Alhamdulillah, dari hasil audit Kemenkes RI melalui Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun ini terjadi penurunan stunting secara prevalensi sejumlah 9.7 % untuk Kabupaten Inhil,” terangnya

Ia mengatakan, penurunan yang signifikan itu dilihat dari kurva tahun 2023 sejumlah 28,5% menjadi 18,8% untuk tahun 2024 serta kedepannya Pemda akan terus berusaha menurunkan angka stunting hingga dibawah 1 digit.

“Untuk itu, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada OPD terkait dan TP PKK serta semua pihak yang turut serta dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Inhil,” tutup Pj Bupati Herman

Usai membuka Jambore Kader PKK dilanjutkan dengan peresmian dan peninjauan stand Bazar yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pj. Bupati Inhil.