Pj Bupati H Erisman Yahya Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024

Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir, H. Erisman Yahya, menghadiri Upacara Peringatan 96 tahun Hari Sumpah Pemuda 2024 yang digelar di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Senin (28/10/2024). Dalam acara tersebut, H. Erisman Yahya bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Pj Bupati bersama Pj Ketua TP PKK tampak anggun mengenakan pakaian adat Sunda berwarna hitam. Kehadiran pejabat dan peserta upacara lainnya yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia menambah nuansa keberagaman dalam peringatan yang bersejarah ini.

Dalam sambutannya, Pj Bupati membacakan pesan penting mengenai makna Sumpah Pemuda. “Sumpah Pemuda adalah sebuah peristiwa di mana pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah keragaman, demi keutuhan negara Indonesia,” ujarnya.

H. Erisman menekankan bahwa nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi Sumpah Pemuda 1928 harus terus digemakan, agar dapat menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi perubahan yang cepat. “Hal ini penting untuk menjaga efisiensi kebangsaan Indonesia agar tetap lestari,” tambahnya.

Pj Bupati juga menggarisbawahi bahwa bulan pemuda ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru, yang diharapkan dapat mengokohkan bangsa Indonesia dalam mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target pembangunan jangka panjang 2045.

“Pemuda Indonesia memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai sektor pembangunan nasional, bahkan pada agenda Sustainable Development Goals (SDGs) PBB yang merupakan agenda global. Namun, masih ada pemuda yang memerlukan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi mereka,” jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, pemuda, dan organisasi kepemudaan, yang semuanya berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi dan peran aktif pemuda dalam pembangunan bangsa.