Perayaan Pekan Sagu Nasional 2020

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Indragiri Hilir (Inhil) dan jajaran Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan (DTPHP), hadiri Perayaan Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020 secara virtual. Selasa, (20/10/2020).

Perayaan mengusung tema “Sagu Pangan Sehat untuk Indonesia Maju”. Diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia tanggal 16 Oktober, juga sebagai upaya pemerintah dalam rangka percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

PSN diikuti oleh 13 Provinsi penghasil sagu terbesar, yaitu Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung, dan Aceh.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengajak seluruh petani dan penyuluh untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan Nasional.

Hal yang dapat dilakukan yakni menyediakan pangan yang berasal dari pertani lokal ditiap daerah, seperti umbi-umbian, pisang, sukun dan sagu.

Sagu sebagai pangan sehat  diharapkan dapat terus disosialisasikan dan dikembangkan melalui program pembangunan sagu yang dilakukan secara terpadu dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

Program pembangunan sagu akan digulirkan menjadi program berkelanjutan, untuk memaksimalkan potensi sagu sebagai pendukung ketahanan pangan dan energi.

Dalam acara ini juga dilaksanakan pemecahan Rekor MURI berupa makan sagu serentak di berbagai daerah.

 

.........

Tembilahan, 20 Oktober 2020

Diskominfopers Inhil