Penjabat Bupati Indragiri Hilir Resmi Buka Workshop Pengelolaan Keuangan Desa untuk Pembangunan yang Lebih Transparan

Tembilahan – Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Erisman Yahya, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Inhil, Tantawi Jauhari, secara resmi membuka Workshop Pengelolaan Keuangan Desa se-Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Gedung PSMTI, Tembilahan, pada Sabtu pagi, 21 September 2024.


Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pengelolaan keuangan desa serta meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dan perangkat desa dalam mengelola keuangan secara tepat.


Tantawi Jauhari menegaskan pentingnya pengelolaan dana desa yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan tertib anggaran. Ia juga mengingatkan para peserta untuk berhati-hati dalam mengelola dana desa, mengingat pengelolaan keuangan desa merupakan salah satu pilar utama dalam membangun desa yang lebih baik.


"Dengan adanya pengelolaan keuangan desa yang baik, maka kita dapat memastikan pembangunan desa yang lebih merata, tepat sasaran, dan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa di Kabupaten Indragiri Hilir," ujar Tantawi Jauhari membacakan sambutan tertulis Pj Bupati dalam sambutannya.


Dalam wawancara dengan awak media, Tantawi Jauhari berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh perhatian.


“Kami berharap peserta dapat meminimalisir kesalahan, kecurangan, dan pelanggaran dalam pengelolaan keuangan desa setelah mengikuti workshop ini,” ujarnya.


Workshop ini diikuti hampir 800 peserta. Turut dihadiri perwakilan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Dirjen PDP Kementerian Desa PDTT RI, perwakilan BPKP Provinsi Riau, unsur Forkopimda Inhil, camat, kepala desa se-Kabupaten Indragiri Hilir, serta unsur terkait lainnya.