Pemkab Inhil Laksanakan Wisuda Akbar Perdana Ribuan Santri Rumah Tahfiz Qur'an Se-kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2023

INDRAGIRI HILIR,- Cita-cita Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan dalam membangun karakter santri di Wilayahnya semakin terwujud, Jum’at (15/09/2023) ribuan santri berasal dari 20 kecamatan se-kabupaten Indragiri Hilir menjalani Wisuda Akbar Santri Rumah Tahfiz Qur’an (RTQ) di Gedung PSMTI Tembilahan.

Wisuda Akbar Santri Rumah Tahfiz Qur’an ini merupakan program Unggulan pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati HM. Wardan selama dua periode ini yaitu Maghrib Mengaji dan Satu Desa/Satu Kelurahan Satu Rumah Tahfiz yang menjadi kegiatan Wisuda Akbar perdana yang dilaksanakan pada masa akhir jabatan Bupati setelah dua periode menjabat.

Bupati H. Muhammad Wardan mengatakan, pengaruh modernisasi di era digital sekarang ini bagaikan dua sisi mata uang, di satu sisi membuka mata kita terhadap perkembangan dunia luar, namun satu sisi lagi menjadikan kita bergantung penuh terhadap kehidupan digital.

"Pengaruh ini apabila tidak diawasi, maka akan merusak generasi kita terutama anak-anak yang saat ini kita lihat banyak yang ketergantungan dengan perangkat elektronik," ungkap Bupati 

“Hal inilah yang mendasari keinginan saya, di periode awal kepemimpinan saya tepat sekitar 10 tahun yang lalu, menginisiasi gerakan magrib mengaji untuk seluruh Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Inhil. Hal ini setidaknya mengubah kebiasaan anak-anak di Desa/Kelurahan, meluangkan waktu setelah magrib untuk mengaji,” tambahnya 

Pada kesempatan tersebut Bupati HM WARDAN juga berpesan, dengan dilaksanakannya wisuda akbar, mampu melahirkan calon pemimpin sekaligus Imam di Desa dan Kelurahan. 

"Melihat banyaknya jumlah santri tahfidz yang akan diwisuda, menggambarkan kabupaten Indragiri Hilir masih memiliki cadangan penerus imam-imam yang tersebar di Desa dan Kelurahan," Pungkasnya 

Adapun jumlah santri yang akan di wisuda berjumlah kurang lebih 2.049 orang yang berasal 545 rumah tahfiz di desa dan kelurahan se-Kabupaten Indragiri Hilir.

Hadir dalam kesempatan ini, Direktur Pendidikan Diniyah dan Ponpes RI Dr.H.Waryon Abdul Ghofur, Gubernur Riau diwakili Kepala PMD Dukcapil Provinsi Riau Djoko Edy Imhar, unsur Forkopimda Inhil, Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, Ketua LPTQ H. Tantawi Jauhari, Pimpinan OPD dan seluruh Camat, Kepala Desa serta Pimpinan Rumah Tahfidz se Inhil.