Pemkab Inhil Laksanakan Bimtek Penyusunan Profil Desa dan Kelurahan

INDRAGIRI HILIR,- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili Asisten 1 Setda Inhil, H. Tantawi Jauhari dengan didampingi kepala Inspektorat dan Kabid PMD membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Profil Desa dan Kelurahan Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2023, bertempat Aula Hotel Arista, Jln. Kartini, selasa (27/06/2023).

Bimtek yang di taja oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir ini diikuti 50 peserta yang merupakan utusan dari desa / kelurahan di 19 kecamatan. bertujuan meningkatkan pengetahuan peserta tentang penyusunan dan penginputan data profil desa dan kelurahan serta evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Pembukaan Bimtek tersebut ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Bupati.

Bupati Inhil HM. Wardan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 1 menyampaikan, profil desa dan kelurahan sesuai dengan Permendagri No. 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan profil desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya manusia, kelembagaan serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Selanjutnya dijelaskan Bupati, data yang valid dan akuntabel merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan baik ditingkat pusat, tingkat daerah terlebih lagi tingkat desa.

"Kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti secara seksama dan segera melakukan tindak lanjut atas hasil kegiatan ini," tutup Bupati.