Pemkab Inhil Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Peringati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2024, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar upacara di halaman kantor Bupati, dengan Inspektur upacara yakni Dandim 0314/Inhil Letkol Inf. Fikky Nur Kuncoro Jati.

Peserta upacara yang terdiri dari Unsur Pimpinan Forkopimda Inhil, jajaran pejabat terkait dan instansi vertikal ini pun, mengikuti dengan khidmat rangkaian demi rangkaian upacara. Mulai dari Mengheningkan Cipta, pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan lainnya.

Penjabat Bupati Inhil yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Muammar Gaddafi katakan, Hari Kesaktian Pancasila menjadi pengingat semua pihak untuk menjaga persatuan dan keutuhan negara berdasarkan Ideologi Pancasila.

"Ini adalah momentum untuk memperkuat komitmen dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Yang terpenting dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari", ungkap Muammar Gaddafi.

Salahsatu rangkaian penting adalah pembacaan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila, yang dibacakan Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil.

“Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, demikian penggalan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dibacakan Iwan Taruna, Ketua DPRD Inhil sementara.

Upacarapun diakhiri dengan penampilan Aubade Lagu-Lagu Kebangsaan.