Pemkab Inhil Dukung Transparansi APBD Namun Bertahap

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indragiri Hilir (AMI) melakukan aksi damai di depan kantor bupati Inhil, Senin (10/8/2020).

 

Aksi damai puluhan mahasiswa diterima oleh Asisten I Sekertariat Daerah Kabupaten Inhil, Tantawi Jauhari dan mengajak berdiskusi di ruang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Inhil.

 

Pada wawancaranya, Tantawi Jauhari memberikan apresiasi atas aksi damai yang dilakukan. Setidaknya ada tiga mekanisme yang dipinta untuk penerapan transparansi  APBD Inhil yakni tahap perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

 

Transparansi APBD bisa dilakukan namun sesuai dengan aturan dan ketentuan. Hal tersebut juga telah diketahui oleh para mahasiswa, Tantawi juga mengatakan Pemkab Inhil secara bertahap akan melakukan penerapan tranparansi kedepannya.

 

“Kita menyambut baik aspirasi dari masyarakat, memang perlunya partisipasi dan pantauan dari mereka, agar kita bisa lebih baik lagi kedepannya”, jelas Tantawi Jauhari

 

Aksi damai dilakukan guna menuntut transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) agar masyarakat dapat mengetahui mulai dari tahap perencanaan hingga penerapan anggran.

 

“Masyarakat perlu tahu, uang kita ini digunakan untuk apa saja dan di perioritaskan kemana”, kata Bung Jepe, yang merupakan Koordinator AMI .

 

Setelah melakukan aksi demo di Kantor Bupati Inhil, puluhan aliansi mahasiswa Inhil menuju ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah guna meminta dukungan atas tuntutan keterbukaan informasi APBD Inhil kepada masyarakat.

 

.....

Tembilahan, 10/8/2020

Diskominfopers Inhil