Pembukaan MTQ ke -50 Kab. Inhil

Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) resmi dibuka Bupati H.M Wardan. Minggu (13/12), di Masjid Agung Al-Huda Tembilahan.

Pembukaan MTQ tahun 2020 ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari camat tembilahan hulu kepada Bupati. Acara turut dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, Unsur Forkompinda Inhil, serta Camat se Inhil.

Bertujuan  untuk mengembangkan pengamalan isi Al Qu'ran, MTQ tingkat Kabupaten merupakan tahapan seleksi bagi peserta untuk dipilih mewakili Inhil dalam MTQ tingkat provinsi.

“MTQ bukan hanya kegiatan seremonial saja, MTQ merupakan kegiatan ibadah agar menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk dapat memahami Al-Quran. Saya ingatkan dewan hakim untuk profesional agar terlahir bibit terbaik yang akan bersaing ke tingkat provinsi hingga nasional”, ungkap H.M Wardan yang dikenal Agamis tersebut.

Sementara, Jenri Salmon Ginting berpesan agar MTQ ke -50 di Kabupaten Inhil wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya harap seluruh peserta dan pengunjung selalu mematuhi protokol kesehatan agar rantai penyebaran virus corona bisa terputus sesuai dengan tema acara yakni bangun genersi qura'ani yang cerdas, berakhlak mulia dan kuat dalam memutuskan mata rantai penyebaran covid-19”, ungkap Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi.

Sejumlah 601 peserta MTQ berasal dari dua puluh Kecamatan di Inhil untuk mengikuti perlombaan. Adapun beberapa cabang lomba pada MTQ ke -50 meliputi, Tilawah Qur'an, Qira'at, Tahfiz Qur'an, hapalan hadist, Kaligrafi, fahmil Qur'an dan lain sebagainya.

 

…………..

Tembilahan, 14 Desember 2020

Diskominfopers Inhil