Pelantikan DPD LMR Inhil, Bupati: 'Tak Kan Melayu Hilang Di Bumi, Bumi Bertuah Negeri Beradat'

'Tak kan melayu Hilang di bumi, Bumi bertuah Negeri beradat', petuah yang penuh pesan moril ini disampaikan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan saat menyaksikan pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Laskar Melayu Riau (LMR) Kabupaten Inhil, Minggu (11/2/2018) malam.

Petuah dari tokoh melayunyang melegenda, Hang Tuah yang disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan itu dimaksudkan agar seluruh jajaran pengurus DPD LMR senantiasa menjaga nilai - nilai kemelayuan, adat dan tradisi melayu, khususnya di 'Bumi Sri Gemilang'.

"Kehadiran LMR patut disyukuri karena diyakini akan memberikan dampak positif terhadap eksistensi melayu itu sendiri," ujar Bupati dalam sambutannya pada acara yang berpusat di Gedung Daerah, Engku Kelana, Tembilahan.

Disamping itu, Bupati meyakini, keberadaan LMR Kabupaten Inhil juga akan mampu memberikan motivasi bagi generasi muda melayu dan mengantisipasi potensi konflik horizontal di tengah masyarakat yang heterogen.

"Motivasi bagi generasi muda tersebut merupakan upaya menjaga tradisi melayu yang identik dengan Islam. Begitu pula dengan upaya menjaga keharmonisan antar suku, etnis yang beragam di Kabupaten Inhil," pungkas Bupati.

Keyakinan Bupati terhadap peran LMR sebagai patron nilai - nilai kemelayuan di kalangan generasi muda melayu dilatarbelakangi oleh proses akulturasi budaya barat di era globalisasi ini yang tanpa disadari telah diterapkan dalam kehidupan sehari - hari.

Terakhir, Bupati berpesan agar keberadaan LMR Kabupaten Inhil dapat memberikan kontribusi terhadap eksplorasi potensi daerah, seperti dari perkebunan dan perikanan. Selain itu, diharapkan pula dapat senantiasa menjalin hubungan baik dengan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Inhil.