Peduli Lingkungan Hidup, DLHK Inhil Taja Sosialisasi Daya Dukung dan Daya Tampung

Pentingnya sektor lingkungan hidup sebagai landasan dalam rencana program pembangunan,  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), adakan Sosialisasi Daya Dukung dan Daya Tampung secara virtual. Senin, (10/8/2020).

Untuk diketahui, Daya Dukung adalah keseimbangan antara perikehidupan manusia dan makhluk alam lainnya. Sedangkan Daya Tampung diartikan sebagai kemampuan alam untuk menyerap berbagai zat atau energi yang dihasilkan makhluk hidup seperti limbah hasil industri.

Kajian lingkungan hidup harus dilakukan pemerintah, sebelum memberikan izin terhadap pengelolaan suatu daerah, ujar Amral Fery, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera dalam sambutannya. Dirinya menambahkan, Sektor lingkungan hidup menjadi penentu dilaksanakan atau tidaknya suatu program pembangunan

“Apabila ada kegiatan yang telah melampaui daya dukung dan daya tampung, maka kegiatan itu tidak boleh lagi dilanjutkan”, jelas Amral Fery.

Acara yang berlokasi di e-bilik Diskominfopers ini, dibuka langsung oleh Asisten Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Daerah Inhil, Afrizal. Dalam sambutannya, Afrizal sebutkan, Daya Dukung dan Daya Tampung merupakan prinsip dalam program pembangunan berkelanjutan.

“Analisis Daya Tampung dan Daya Dukung merupakan hal wajib sebelum pemerintah menyusun rancangan-rancangan program”, ujar Afrizal.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Amral Fery dan Alfi Fahmi, dari P3E Kementerian Lingkungan Hidup Sumatera. Keduanya sepakat, sektor lingkungan hidup merupakan hal penting dalam penyusunan program pembangunan, apabila pemanfaatan sumber daya alam dan limbah industri melebihi kapasitas, maka bencana alam berpotensi terjadi.

Selain Asisten II Setda Inhil, acara juga dihadiri oleh Kepala DLHK Inhil beserta jajarannya dan kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta disaksikan Camat se Kabupaten Inhil dari daerahnya masing-masing.

 

……..

Diskominfopers Inhil

Tembilahan, 10 Agustus 2020.