Pasca Abrasi Sungai Indragiri, Jalan Utama Menuju Kota Tembilahan Terancam Putus

INDRAGIRI HILIR,- Akibat longsor yang terjadi di Parit 6 Kelurahan Tembilahan Barat Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Senin sore kemarin jalan utama menuju Kota Tembilahan kini terancam putus. Selasa (09/07/2024) pagi.

Diketahui selain merusak 6 unit rumah warga setempat longsor juga menyisakan kerusakan besar terhadap jalan utama .

Kepala pelaksana (KALAKSA) badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Indragiri Hilir, Raja Arliansyah mengatakan jalan yang terdampak ini merupakan satu-satunya jalan untuk menuju Kota Tembilahan sehingga  dikhawatirkan akses tranformasi keluar daerah menuju Rengat Indragiri Hulu dan Pekanbaru akan terhambat dan macet total.

"Seperti yang terlihat di lapangan tampak ditengah-tengah badan jalan sudah banyak terdapat keretakan  yang cukup besar, sehingga hanya separuh badan saja yang di pergunakan dan kemudian bagi kendaraan berat di larang untuk melintasi daerah tersebut," jelasnya.

kemudian untuk kondisi terkini pemerintah daerah telah menetapkan status bencana tersebut sebagai status tangga darurat dan akan segera membuat jalan alternatif untuk mengantisipasi seandainya jalan tersebut putus jika terjadinya longsor susulan.

"Sebagai antisipasi kita telah alihkan jalan utama menuju Kota Tembilahan yaitu jalan Pekan Kamis Menuju Jalan Suhada Tembilahan, kita meminimalisir hal hal yang tidak terduga dengan kondisi jalan yang sangat mengkhawatirkan," jelasnya.