Melalui Deklarasi masyarakat untuk cinta aksi damai dan peduli kesehatan

Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan deklarasi masyarakat cinta damai dan peduli kesehatan guna menumbuhkan perilaku aksi damai dan peduli kesehatan kepada masyarakat yang bertempat di depan posko Covid Tembilahan M. Boya Kab. Inhil. Jum’at (16/10/2020)

Deklarasi tersebut  turut dihadiri Bupati Inhil HM Wardan, Ketua DPRD Inhil , Kapolres, Kasdim 0314, serta Forkopimda Inhil, PJU Polres Inhil dan Kodim O314/Inhil, Organisasi/Paguyuban Kesukuan, GP Ansor dan Banser NU. Wardan menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang selalu berupaya dalam menciptakan situasi Kamtibas yang aman dan konsdusif pada pelaksanaan Aksi Demo beberapa waktu yang lalu.

“Saya mengharapkan deklarasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir kasus Covid-19 di Inhil sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal”, Harap HM Wardan.

Dalam deklarasi tersebut Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan mengungkapkan keinginannya kepada masyarakat agar cinta damai, menolak segala bentuk aksi dan tindakan anarkis, menjaga kebhinekaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan Indonesia, serta mendukung penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kegiatan Deklarasi ini sangat perlu dilaksanakan mengingat situasi kamtimbas di Indonesia sedang bergejolak sejak pengesahan UU Omnimbus Law dan banyak terjadi penolakan yang di manfaatkan pihak tertentu sehingga membuat kondisi menjadi tidak kondusif”, Ujar Dian Setyawan.

Dian juga menambahkan, Saat ini Inhil masuk di urutan ke 3 penyebaran Covid-19 tertinggi di Provinsi Riau, Oleh karena itu Dian meminta peserta deklarasi dapat menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan covid-19 yaitu program 4 M.

Kasdim O314 Inhil Letkol Inf. Untung Kusmanto senada dengan Dian juga menyampaikan tentang penerapan protokol kesehatan di Inhil. Ia juga menyampaikan dukungannya kepada kapolri dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif.

“Pihak Kodim 0314 Inhil siap untuk mendukung dan membantu Polri dan Pemda Inhil dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif”, Jelas Untung.

Adapun Isi Deklarasi Masyarakat Kab. Inhil Cinta Damai dan Peduli Kesehatan, yakni sbb :

Kami masyarakat Kab. Inhil adalah :

  1. Masyarakat yang cintai damai.
  2. Menolak segala bentuk aksi dan tindakan anarkis.
  3. Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga kebhinekaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan Indonesia.
  4. Menolak segala bentuk pelanggaran protokol kesehatan Covid 19.
  5. Mendukung penerapan protokol kesehatan Covid 19 yaitu 4 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari keramaian).

 

Setelah Pembacaan Deklarasi tersebut dilanjutkan dengan Kirab bersama peserta Deklarasi yakni  melewati Jl. M. Boya - Jl. Gajah Mada - Jl. Hang Tuah - Jl. Sudirman - Jl. M. Boya.

…..

Diskominfopers

Tembilahan, 1 Juli 2020