Mahasiswa Kukerta UNRI Taja Penyuluhan Pembuatan Sabun Cuci Piring di Desa Pekan Kamis

Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas  Riau (UNRI) tahun 2023 di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Chairul, ST, MT,  lakukan penyuluhan pembuatan sabun cuci piring dari Aloe Vera atau lidah buaya kepada masyarakat. Kegiatan digelar pada Selasa (15/08/2023), di lapangan Pasar Desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir.

 

Penyuluhan tersebut dilaksanakan dalam rangka melaksanakan program kerja yang tak hanya sebatas teori namun diaplikasikan langsung kepada masyarakat. Kehadiran program ini diharap dapat membantu masyarakat Pekan Kamis, khususnya memberi peluang baru untuk UMKM agar dapat memanfaatkan Lidah Buaya sebagai sabun cuci piring.

 

Septiyan Triyanda Putra selaku Ketua Kelompok Kukerta UNRI katakan, alasan penggunaan Lidah Buaya sebagai bahan utama agar memberi efek kelembutan pada tangan saat mencuci piring.

 

“Seperti yang kita ketahui Aloe Vera atau Lidah Buaya sendiri adalah bahan yang berasal dari alam, tanaman ini juga dijadikan masyarakat sebagai hiasan di halaman rumah. Oleh karena itu, kami ingin menunjukkan bahwa Lidah Buaya tidak hanya bisa dijadikan sebagai tanaman hias tetapi bisa dimanfaatkan sebagai media sabun untuk mencuci piring yang bermanfaat menjaga kelembapan kulit,” ungkap Septiyan.

 

Penyuluhan pembuatan sabun cuci piring ini berlangsung sejak pukul dua siang sampai dengan pukul empat sore, kegiatanpun disambut antusias oleh masyarakat sekitar.