Kuala Indragiri Kecamatan Kesembilan Fokus Bupati HM WARDAN dalam Penanganan Penurunan Angka Stunting

Sapat Kuindra Inhil,- Bupati Indragiri Hilir Drs. H. Muhammad Wardan, MP beserta Ketua TP PKK Inhil Sekaligus Ketua Gerakan Satu Hati (GSH) jilid II Hj. Zulaikhah Wardan S.Sos, ME, dalam usahanya menurunkan stunting di Inhil kembali membuka kegiatan Pelatihan Pencegahan Stunting di halaman kantor Camat Kuala Indragiri, Minggu, (04/09/22). 

Acara yang diikuti 101 peserta se-Kecamatan Kuindra ini dilaksanakan untuk mendukung agenda pembangunan sumber daya manusia berkualitas yang nantinya bisa menjadi pilar pendukung untuk pencapaian visi Indonesia tahun 2024.

Selanjutnya, Bupati H. M Wardan  mengatakan tujuan yang ingin dicapai dalam percepatan penurunan stunting adalah mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif.

"Hal ini menunjukkan bahwa upaya percepatan pencegahan Stunting harus kita laksanakan secara holistik, integratif dan berkualitas melalui Koordinasi, Sinergi dan sinkronisasi antar  semua elemen," tegas Bupati H.M Wardan.

H.M Wardan juga berpesan Kepada Camat, lurah dan kepala desa, agar manapun mengadakan acara ataupun pertemuan untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting ini, hal tersebut dilakukan karna merupakan perintah dari Presiden yang menegaskan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan stunting diawali dari tingkat desa," Ungkap Bupati Inhil HM Wardan.

Sementara itu selaku Ketua TP PKK Inhil dan Ketua GSH jilid II Hj. Zulaikhah Wardan saat penyampaian isi materi nya menjelaskan bahwa ," Stunting dapat menghambat pertumbuhan dan mempengaruhi otak berkembang tidak maksimal, sehingga menyebabkan kemampuan mental belajar berkurang sehingga mempengaruhi prestasi sekolah anak".


 
"Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya dikarenakan asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi, Stunting biasanya terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat ketika anak telah berusia dua tahun" tambah Zulaikhah.

“Pencegahan stunting penting dilakukan dengan pendekatan multi-sektor melalui sinkronisasi program-program nasional, lokal, dan masyarakat. demikian halnya, penanganan stunting di Kabupaten Inhil dimana penanganan tidak hanya pada satu Dinas Kesehatan saja, akan tetapi melibatkan seluruh level pemerintahan dan organisasi kemasyarakatan sampai tingkat desa," tutup Hj. Zulaikah Wardan.