Kemenko-Polhukam RI Apresiasi Pilot Projek Kodim 0314/Inhil

Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia, melaksanakan kunjungan kerja ke Markas Kodim (Makodim) 0314/Inhil, jalan Ahmad Yani Parit 9 Tembilahan. Kamis, (03/09/2020).

Kunjungan Kemenko Polhukam RI yang diwakili Asisten Deputi Intelijen Pertahanan Marsma TNI Drs Andy M Taufik, disambut langsung oleh Dandim 0314/Inhil Letkol Inf. Imir Faishal, beserta para perwira Kodim 0314/Inhil di ruang data Makodim.

Saat diwawancarai, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengatakan, Kodim 0314/Inhil merasa terhormat karena mendapat kunjungan dari Kemenko Polhukam.

“Dari sekian banyak daerah, Kemenko Polhukam mau datang ke Inhil untuk melihat permasalahan langsung di lapangan, untuk itu kami ucapkan terimakasih”, ungkap Andy M. Taufik.

Diharapkan dengan kedatangan tim Kemenko Polhukam dapat memberi solusi untuk kemajuan pembangunan di kabupaten Indragiri Hilir.

“Semoga kita dapat mewujudkan apa yang menjadi garis besar dan solusi dari tim Kemenko Polhukam, terkait permasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi”, ujar Imir Faishal.

Sementara itu, saat berkeliling dan meninjau Pilot Project Kodim 0314/Inhil Andy M Taufik mengatakan, Pengelolaan Sabut Kelapa dan Budidaya Tanaman Vanili dinilai menjadi salahsatu solusi untuk mencegahan Karhutla.

“Apa yang dilakukan Kodim Inhil ini sangat bagus. Sabut kelapa yang biasa dibakar masyarakat kini dapat lebih dialihfungsikan menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat seperti tali, serat yang tebal menjadi sapu, jok mobil, tali, membuat kasur, pot media vanili dan lainnya”, ujar Andy.

Andy M Taufik juga menambahkan, tanaman vanili mempunyai nilai ekonomis tinggi, karenanya Kodim diharapkan bisa menginformasikan kepada masyarakat.

“Saya berharap masyarakat ikut serta membudidayakan vanili, sehingga sabut kelapa yang selama ini menjadi limbah dapat di manfaatkan dan bernilai ekonomis”, tutup Deputi Intelijen Pertahanan.

 

……….

Diskominfopers Inhil

Tembilahan, 3 September 2020.