Ikuti gema takbir sambut hari Raya Idul Adha 1442 H, bupati Inhil : kokoh kan ukhuwah islamiyah

TEMBILAHAN-Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Indragiri Hilir, Senin (19/7/2021) malam dilaksanakan gema Takbir dalam rangka menyambut Idul Adha 1442 H.

Pelaksanaan Takbir, di awali dengan shalat Isya' berjamaah bertindak selaku imam H.Muthalib Hasan  yang turut dihadiri, Kepala Kantor Kementerian Agama Inhil H.Harun, S.Ag, Sekda Drs.Afrizal, Asisten dan beberapa Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Inhil serta Ketua MUI, Alim Ulama Kabupaten Indragiri Hilir.

Mengingat dimasa Pendemi Covid-19, Pelaksanaan Takbir Idul Adha 1442 H dilaksanakan dengan peserta yang terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Bupati Inhil HM.Wardan dalam sambutannya mengatakan, menyambut Idul Adha 1442 H / 2021 M pada tahun ini sedikit berbeda sesuai dengan surat Edaran NO.010/KESRA/1006.68 tentang pedoman pelaksanaan gema takbir, shalat Hari Raya Idul Adha dan Ibadah Qurban TH 1442 H / 2021 M di tengah upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Inhil dengan merujuk pada surat edaran Menteri Agama SE.16 TH 2021 serta surat edaran Menteri Agama No.SE.17 TH 2021, tentang petunjuk teknis penyelenggaraan takbiran ,Penyelenggaraan shalat Idul Adha dan penyebelihan hewan Qurban.

“Tentunya Pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Inhil atas kondisi ini, Dimana Pemda Inhil tidak memfasilitasi kegiatan pawai takbir pada tahun ini setelah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak,” ujar HM.Wardan.

“Mengingat kondisi yang sangat ini di Inhil masih terjadi pandemi, di khawatirkan akan bahaya bagi kesehatan. Hal ini terpaksa kita dilakukan, demi kebaikan dan kemaslahatan masyarakat.”sambungnya.

Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat dengan Momentum pelaksanaan Takbir Idul Adha 1442 H yang syarat dengan nilai-nilai Syiar Islam, agar memperkokoh dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan silaturahmi antar sesama umat, dan saling memberikan kema'fan yang seluas-luasnya kepada sesama memperbaiki dan memperkokoh ukhuwah islamiyah.

“Pada kesempatan ini saya mengajak kepada kita semua, agar meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan silaturahmi sesama umat,” ujar bupati.

“Dengan meningkatkan kepedulian kita kepada Kaum Dhuafa, Fakir miskin, anak-anak Yatim Piatu dan orang-orang yang terlantar dengan memberikan infaq dan shodaqoh, sehingga saudara-saudara kita terbebas dari belenggu kemiskinan,”Tambahnya.

 

Diskominfo Inhil 
source : Prokopim Inhil