Ikuti FGD World Coconut Day, Bupati Harapkan Kelapa Menjadi Komoditas Nasional

Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.M Wardan, ikuti Focus Group Discussion (FGD) online dalam rangka World Coconut Day yang diperingati pada tanggal 2 september 2020.

Acara yang membahas arah dan harapan penelitian kelapa ini, ditaja oleh Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) bersama Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) dan Badan Penelitian Pengembangan Pertanian.

Pada diskusi yang dihadiri oleh 250 orang peserta yang tersebar di seluruh Indonesia, Bupati Inhil berkesempatan menyampaikan pendapat dan pandangannya. H.M Wardan sebutkan, Inhil mendapat julukan Negeri Hamparan Kelapa Dunia, karena miliki luas perkebunan kelapa senilai 12,13 % dari jumlah luas perkebunan kelapa di Indonesia.

Meskipun demikian, berbagai tantangan dihadapi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengelola perkebunan kelapa, seperti harga jual kelapa yang sering alami fluktuasi.

“Ketika harga kelapa Anjlok akan berpengaruh pada perekonomian kami, karena hampir 70 % masyarakat Inhil bergantung pada perdagangan kelapa”, ungkap Bupati Inhil.

H.M Wardan juga jelaskan, upaya yang telah dilakukan Pemda untuk mengembangkan kelapa di Inhil. Diantaranya dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan membukan peluang investasi, yang diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan produk turunan kelapa.

Di akhir penuturannya Bupati berharap, pemerintah dan Balit Palma dapat bersinergi untuk mendorong kelapa menjadi komoditas strategis nasional, serta berupaya dalam peningkatan agro inovasi kelapa.

“Invest In Coconut to Save the Word” adalah tema yang diusung dalam FGD ini, menghadirkan narasumber yang merupakan peneliti utama bidang pemuliaan di balai penelitian tanaman palma, Kementerian Pertanian, Novarianto Hengki.

Untuk diketahui, FGD menghasilkan rumusan bahwa perlu kerjasama berbagai pihak dalam mendorong kelapa menjadi komoditas strategis nasional. Dengan cara peningkatan daya saing produk dan pengembangan bibit unggul, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian di Indonesia.

 

 

………

Diskominfopers Inhil

Tembilahan, 2 September 2020.