Gubri Perintahkan Tes Swab di Tiap Kabupaten Ditingkatkan

Pandemi Covid-19 masih melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau. Gubernur Riau Syamsuar, taja virtual meeting bersama 6 pimpinan daerah kabupaten/kota, guna mempercepat penanganan kasus Covid-19 di Bumi Lancang Kuning. Rabu (5/8/2020)

Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Riau ini, beragendakan pemaparan dari tiap Kabupaten terkait kondisi terkini kasus Covid-19 dan bentuk penangananan yang telah dilakukan.

Peningkatan kasus positif Covid-19 di Riau sejalan dengan peningkatan jumlah tes Swab. Untuk itu, Syamsuar berikan perintah kepada Kabupaten/Kota untuk meningkatkan jumlah tes Swab. Termasuk melakukan tes di kantor, puskesmas dan rumah sakit, serta menambah ruang isolasi di luar Rumah Sakit.

"Kalau di kantor, puskesmas atau rumah sakit ada satu saja yang positif, maka seluruh karyawan di Swab saja langsung, jangan rapid tes lagi, karena menjelang sehari itu virus bisa menular ke yang lain", jelas Syamsuar.

Enam Kabupaten/kota yang hadir pada pertemuan ini, merupakan daerah rentan penyebaran virus corona, yaitu kabupaten Pelelawan, Siak, Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hilir dan Kota Pekanbaru.

Mewakili Kabupaten Inhil, Bupati H.M Wardan di dampingi unsur Forkopimda, direktur RSUD Puri Husada dan kepala Organisasi Perangkat Daerah. Dalam penyampainnya, Bupati menjelaskan pemerintah daerah bekerjasama dengan Polres dan Kodim Inhil telah berupaya optimal melakukan pencegahan kasus Covid-19 di Inhil dan sosialisasikan tatanan kehidupan normal baru kepada masyarakat.


"Kami selalu berkoordinasi dengan Satuan Tugas untuk pencegahan Covid-19 di Inhil, seperti telah melaksanakan swab massal diua kali, pendirian posko dan memperketat pintu masuk jalur laut dan darat", jelas H.M Wardan.

Untuk diketahui, sampai tanggal 5 Agustus, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Riau yang dirawat di Rumah Sakit berjumlah 162 orang. Pemrovpun akan lakukan sosialisasi dan pembagian masker kepada masyarakat, hal ini mengacu pada keterangan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) bahwa penggunaan masker dapat mencegah penularan virus Covid-19.

 

........
Diskominfopers
Tembilahan, 5 Agustus 2020.