Faktor alam dan kondisi Geografis menjadi salah satu kendala dalam pencapaian vaksin Dikabupaten Indragiri hilir

Tembilahan Inhil: Bupati HM WARDAN Pimpin rapat koordinasi dan evaluasi percepatan vaksinasi covid-19 Dikabupaten Indragiri hilir, di Aula lantai 5 kantor bupati inhil Rabu 12 Januari 2022.

Sampai Pada akhir tahun 2021, Kabupaten Indragiri hilir menduduki posisi ke-8 dalam penanganan vaksinasi covid-19 se-provinsi Riau. Dari target 70 persen yang telah ditetapkan, kabupaten Indragiri hilir berhasil melampaui 71,73 persen pada akhir tahun.

Keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari kerja keras dari semua stakeholder terkait, terutama tenaga kesehatan dan TNI/POLRI.

"Saya ucapkan terimakasih atas kerja keras yang telah dilakukan, tetaplah samangat dalam capaian target yang telah diinstruksikan pemerintah pusat, semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal ibadah demi terciptanya Kesehatan dan kemaslahatan masyarakat kabupaten Indragiri hilir". Ujar Bupati Inhil HM WARDAN.

Berdasarkan laporan dari kepala Dinas kesehatan Inhil, Pada bulan Januari 2022 pertanggal 11, kabupaten inhil untuk vaksin dosis I telah mencapai 74,90 persen. 
Untuk tahun 2022 pemerintah pusat telah menaikan target yang harus dicapai, dimana untuk vaksin dosis I harus mencapai 80 persen yang semula ditahun 2021 hanya 70 persen.

Sedangkan untuk vaksin dosis ke-2 dan vaksin untuk lansia, kabupaten Indragiri hilir baru mencapai 34,82 persen dari target 60 persen yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut, Bupati Inhil meminta semua stakeholder dapat saling berkomunikasi dan bekerjasama meningkatkan capain yang telah ditentukan.

Untuk memenuhi target baru 80 persen vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten Indragiri hilir pada tanggal 25 Januari 2022 akan melakukan Pekan Vaksin untuk anak umur 6-11 tahun.

Acara rapat koordinasi juga diisi dengan tanya jawab antara bupati dengan perserta rakor terkait kendala apa saja yang dihadapi oleh petugas  dilapangan, berdasarkan hasil tanya jawab dengan petugas kesehatan yang ada di daerah, Faktor alam dan kondisi Geografis serta tingkat keinginan masyarakat untuk divaksin menjadi salah satu kendala dalam pencapaian vaksin Dikabupaten Indragiri hilir. (Pop)