Desa Sungai Intan Rayakan Kemerdekaan RI Dengan Bakaroh

Banyak cara dilakukan untuk memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke- 75 Republik Indonesia. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Sungai Intan, dengan menggelar Festival Bakaroh pada Selasa, (18/8/2020).

 

Festival Bakaroh merupakan tradisi menangkap ikan secara bersama-sama. Gelaran ini dilaksanakan dengan mengedepankan Protokol kesehatan Covid-19. Meski demikian, tidak  mengurangi kemeriahan Festival Bakaroh Tahun 2020.

 

Bakaroh merupakan budaya  turun temurun yang menjadi Unggulan Desa Sungai Intan. Sehingga disahkan menjadi Event Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir.

 

Kepala Desa Sungai Intan, Ahmad Effendi jelaskan, Festival Kebudayaan Bakaroh menggambarkan semangat kegotong royongan dalam meraih suatu tujuan. Hal yang sesuai dengan semangat perjuangan dalam merebut kemerdekaan.

 

“Semangat gotong-royong para pahlawan dalam melawan penjajah, dapat kita ibaratkan ketika bersama-sama menangkap ikan di acara ini ”, ujar Ahmad Effendi.

 

Acara diawali dengan Apel di depan Kantor Desa, yang dipimpin oleh Kepala Desa Sungai Intan.Puluhan peserta Bakaroh telah siap dengan alat tangkap sasauk dan sasuduk, untuk menangkap ikan dan udang. Setelah Apel usai, mereka kemudian bergerak menuju ke tepian Sungai Intan.

 

Pada hitungan ketiga, peserta Bakaroh terjun secara bersama ke aliran Sungai Intan, lalu dimulailah penangkapan berbagai potensi perikanan di sungai tersebut.

 

Dengan sabar dan penuh semangat, satu persatu hasil didapat oleh para peserta, diantaranya Udang Galah, Ikan Baung, Ikan Bakut, Ikan Seluang, dan jenis perikanan lainnya.

 

Kepala Desa Sungai Intan memaparkan, Bakaroh di Tahun 2020 memiliki keunikan dibanding tahun sebelumnya.  Semangat kebersamaan lebih ditekankan dari awal kegiatan hingga akhir.

 

“Tahun ini, seluruh hasil tangkapan dikumpulkan menjadi satu, lalu kita bersihkan sama-sama, dimasak sama-sama dan dimakan secara bersama juga”, jelas Ahmad Effendi.

 

Akibat Pandemi Covid-19, Festival Bakaroh Tahun 2020 tidak semeriah tahun 2019. Namun tidak mengurangi semangat para peserta Bakaroh dan seluruh unsur pemerintah Desa dalam menyukseskan kegiatan ini.

 

Masyarakat Desa Sungai Intan berharap, Pandemi Covid-19 segera berakhir. Sehingga Festival Bakaroh di tahun yang akan datang dapat dilaksanakan lebih meriah.

 

 

……..

Diskominfopers

Tembilahan, 19 Agustus 2020.