Bupati Wardan Bersama Gubri Tinjau Lokasi Tanah Longsor Di Kuala Enok

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan bersama Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman meninjau lokasi bencana tanah longsor di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Senin (1/5/2017) siang.
 
Kedatangan Dua Pimpinan Daerah tersebut disambut langsung oleh Camat Tanah Merah, Yuliargo dan sejumlah korban yang tempat tinggalnya porak - poranda akibat bencana tanah longsor yang melanda, Minggu (30/4/2017) lalu.
 
Dalam kunjungan tersebut, Bupati Wardan mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang kerap terjadi dan menimpa masyarakat Kecamatan Tanah Merah.
 
"Ini namanya musibah kita tidak pernah bisa memperdiksi dan tidak mengetahui kapan akan terjadinya musibah. Tentunya kejadian ini menjadi pedoman bagi kita dalam melaksanakan pembangunan yang senantiasa harus berhati-hati dan musibah setiap saat bisa terjadi," kata Wardan.
 
Pada kunjungan bersama Gubernur Riau itu, Bupati Wardan mengharapkan agar Pemerintah Provinsi Riau dapat pula menyalurkan bantuan kepada para korban bencana dan melaksanakan pembangunan infrastruktur yang mengalami kerusakan.
 
"Terlebih, jalan yang terkena longsor ini merupakan akses utama dari Kuala Enok ke Tanah Merah. Tentu kita berharap dengan kunjungan Gubernur Riau dapat membantu pembangunan infrastruktur ini melalui APBD-nya," harap Bupati Wardan.
 
Menjawab harapan Bupati Wardan, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi untuk menyalurkan bantuan bagi para korban bencana tanah longsor. Begitu pula, lanjutnya, dengan pelaksanaan pembangunan berupa perbaikan infrastruktur yang mengalami kerusakan di lokasi kejadian.
 
"Pemkab Inhil hanya perlu segera membuat laporan tentang kejadian ini dan mengirimkannya ke Pemprov Riau. Kita siap membantu, karena Pemerintah Provinsi Riau tidak akan tinggal diam. Selama Kabupaten menyatakan kondisi ini darurat, Provinsi akan turun tangan," tegas Gubernur Riau.
 
Dalam kunjungan itu pula, secara simbolis, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Inhil, HM Wardan menyerahkan bantuan untuk mengakomodir kebutuhan sementara para korban bencana tanah longsor.
 
"Alhamdulillah melalui kunjungan ini kami dapat pula menyalurkan bantuan bagi masyarakat Kuala Enok, khususnya yang terkena bencana," ucap gubernur.
 
Camat Tanah Merah, Yuliargo, dalam laporannya kepada Bupati Inhil, HM Wardan menyatakan, beberapa pihak telah memberikan bantuan kepada para korban bencana tanah longsor, selain Pemerintah Kabupaten Inhil melalui BPBD, Dinas Sosial dan Instansi terkait lainnya.
 
"Alhamdulillah, beberapa jam saja kejadian itu terjadi, bantuan baik dari Pemkab Inhil maupun dari berbagai organisasi dan masyarakat telah berdatangan. Bantuan tersebut juga sudah kami bagikan pak," kata Yuliargo kepada Gubernur Riau dan Bupati Inhil kala itu.
 
Ihwal kerusakan infrastruktur jalan yang dialami, Yuliargo mengatakan, pihak Pemerintah Kecamatan Tanah Merah tengah berupaya untuk melakukan perbaikan, meski perbaikan yang bersifat sementara. Sebab, Kata Yuliargo, jalan yang runtuh dilanda tanah longsor kemarin, merupakan akses penting bagi kelangsungan perekonomian masyarakat Kecamatan Tanah Merah, khususnya masyarakat Kelurahan Kuala Enok.
 
"Maka itu, kami akan segera mengupayakan perbaikan yang dimaksud dengan membuat jalan darurat agar akses perekonomian masyarakat di sini tetap dapat berjalan dengan lancar," tukas Yuliargo.