Bupati Inhil Pimpin Rapat Rencana Pelatihan Kepala Desa

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memimpin rapat rencana pelaksanaan kegiatan Pelatihan Kepala Desa, Kamis (30/7/2020) di kediaman dinas Bupati Kabupaten Inhil, Tembilahan.

Kegiatan pelatihan kepala desa dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas kepala desa di Kabupaten Inhil. Pelatihan yang berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia para kepala desa ini diagendakan pelaksanaannya pada akhir tahun 2020 di Pekanbaru.

Pelatihan kepala desa nantinya akan berlangsung selama 4 (empat) hari. Biaya pelatihan yang dikenakan kepada masing-masing peserta adalah sebesar Rp 7.500.000 / orang dengan jumlah 30 orang dalam 1 angkatan.

Para peserta pelatihan akan mendapatkan fasilitas berupa akomodasi kamar hotel 1 orang / kamar, konsumsi berupa makan dan minum yang menjadi tanggungan pihak pelaksana dan field trip ke desa percontohan.

Menurut Bupati, pelatihan tersebut sangat penting bagi kepala desa, terutama kepala desa yang baru menjabat. Sebab, para kepala desa yang baru menjabat dianggap belum begitu memahami hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan desa, kemasyarakatan dan kepemimpinan.

"Kegiatan seperti ini sangat berguna dalam rangka meningkatkan kualitas seorang Kepala Desa dalam menjalankan roda pemerintahan," kata Bupati dalam arahannya pada rapat rencana pelaksanaan pelatihan Kepala Desa.

Bupati mengungkapkan, dalam pelatihan tersebut, para peserta akan diberikan materi yang berkaitan erat terhadap persoalan tata kelola pemerintahan desa.

Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui dan dipahami oleh para Kepala Desa, diungkapkan Bupati adalah aspek hukum. Tak sedikit, dikatakan Bupati, Kepala Desa yang terjerumus dalam jerat hukum dikarenakan ketidaktahuan terhadap peraturan.

"Kita tidak mengharapkan ini terjadi, yang mana ada Kepala Desa kita yang terjerat masalah hukum. Jangan sampai ada Kepala Desa kita yang berhubungan dengan aparat penegak hukum," tutur Bupati.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kadis PMD yang turut serta dalam rapat ini juga mengatakan bahwa selain pelatihan manajemen seorang Kepala Desa juga dilakukan pelatihan manajemen pengelolaan keuangan desa.

Dalam rapat perencanaan pelatihan Kepala Desa kala itu, tampak hadir Prof Zulkarnain, Asisten 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Pelaksana Tugas Kepala Desa PMD Kabupaten Inhil, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo dan beberapa Pejabat Eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

 

........

Diskominfopers

Tembilahan, 30 Juli 2020